[SALAH] “BMKG Prediksi Tsunami di Batam, Sekolah Diliburkan dari 18 September 2024”

Hasil periksa Fakta Moch. Marcellodiansyah

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengkonfirmasi bahwa berita tersebut adalah hoaks, BMKG tidak pernah memberikan kabar prediksi tsunami tersebut.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://bit.ly/4df6rI2

= = =

Narasi:

“Prediksi Tsunami di Batam: Sekolah Diliburkan dari 18 September 2024 hingga Keadaan Mereda

Batam, 17 September 2024 Menyusul prediksi kemungkinan terjadinya tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Batam. Sebagai langkah pencegahan, semua sekolah dia Batam akan diliburkan mulai tanggal 18 September 2024 hingga situasi dianggap aman.

BMKG menginformasikan bahwa potensi tsunami disebabkan oleh aktivitas seismik yang terdeteksi di perairan sekitar Batam. Oleh karena itu, pihak berwenang memutuskan untuk menutup semua institusi pendidikan selama periode tersebut untuk menjaga keselamatan siswa dan staf.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di TikTok yang termuat dalam gambar tangkapan layar pesan WhatsApp yang menyebut bahwa BMKG memprediksi adanya tsunami di Batam pada 18 September 2024. Disebutkan juga bahwa sekolah diliburkan hingga keadaan mereda.

Setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan klaim tersebut, dilansir dari Liputan6.com dan AntaraNews, BMKG justru membantah klaim tersebut.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Ramlan menyebut bahwa informasi tersebut adalah hoaks yang tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas. Ia menegaskan bahwa BMKG tidak pernah membuat berita tersebut.

Mengutip dari Liputan6.com dan AntaraNews, di Batam dan Tanjungpinang, Kepulauan Riau terjadi peristiwa hujan lebat yang disertai angin kencang dengan kecepatan 29 knot yang menyebabkan pohon tumbang, serta makara kubah Masjid Agung Batam patah. Namun tidak ada informasi resmi prediksi terjadinya tsunami akibat peristiwa tersebut.

Dengan demikian, 18 September 2024 di Batam terjadi tsunami adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5704557/bmkg-kabar-kota-batam-dan-tanjungpinang-dilanda-tsunami-adalah-hoaks?page=2

https://babel.antaranews.com/berita/433687/bmkg-beri-klarifikasi-kabar-tsunami-di-batam-adalah-hoaks

= = =