[SALAH] Wabah Mpox Sudah Menyebar ke Nias

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang menyebut bahwa penyakit cacar monyet atau Mpox telah ditemukan di wilayah Nias, Sumatera Utara adalah tidak benar.

===========

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/8K1fH (arsip)

===========

[NARASI]: “Virus Monyet sdh sampai di Nias, sdh ada 78 kasus di rumah sakit. Mulai skrg pergunakan lg masker kalo ke tempat keramaian apalagi klo menjenguk pasien yg sakit di rumah sakit.
Jaga sebaik mungkin imun tubuh, kurangi bergadang sehingga tidur yg cukup, habis megang uang langsung cuci tangan dg sabun, dan habis dari tempat keramaian langsung mandi, bajunya jgn dipakai lg, taroh / rendam ke tempat cucian utk menghindari virus yg menempel di pakaian tidak menular ke kita. Selamat malam, Ya’ahowu”

===========

[PENJELASAN]:
Artikel disadur dari Kompas.
Beredar unggahan di media sosial Facebook mengklaim bahwa penyakit cacar monyet atau Mpox telah ditemukan di Kabupaten Nias, Sulawesi Utara.

Faktanya, klaim yang menyebut tidak benar. Melalui akun Facebook resminya DKP2LB Nias membantah narasi tersebut. “Terkait berita yang beredar di media sosial tentang kasus cacar monyet atau Mpox yang sudah terdapat kasus di Nias, maka informasi/berita tersebut tidak benar atau Hoaks. Namun demikian kita harus tetap Waspada dan disarankan agar menerapkan protokol kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).”

Melalui penelusuran tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim mengenai cacar monyet atau Mpox telah ditemukan di Kabupaten Nias, Sulawesi Utara adalah tidak benar. DPKB2B Nias telah menerbitkan bantahan melalui Facebook resminya.

===========

 [REFERENSI] :
https://www.facebook.com/dkp2kbnias/posts/493325756845512

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/19/164500182/hoaks-wabah-mpox-telah-menyebar-di-nias-pada-september-2024