[PENIPUAN] Bacalon Bupati Aceh Tengah Tawarkan Bantuan Lewat Facebook

Hasil periksa fakta Rahmah.

Haili Yoga mengatakan ia dan tim pendukungnya tidak pernah membuat atau memiliki akun tersebut.

KATEGORI: IMPOSTOR CONTENT

SUMBER: FACEBOOK
https://archive.is/YVh84

NARASI:
Assalamualaikum Himbauan pemberitahuan Ku masyarakat Aceh tengah bener meriah siapa yang belum menerima bantuan dan mendaftarkan bantuan silakan trahir pada hari ni tentang bantuan tunai RP39000.00. Dengan persaratan pendaftaran KK KTP nmr rekning.bayar inpak.250 ribu. Langsung cair tidak ada istilah ribet

PENJELASAN:
Artikel disadur dari Harie.
Akun Facebook bernama Drs Haily Yoga Msi bacalon Bupati Aceh Tengah memposting tawaran bantuan untuk masyarakat Aceh Tengah dan Benar Meriah. Bantuan yang diberikan sebesar Rp3.9 juta dengan syarat yang harus dipenuhi antara lain melampirkan KK, KTP, nomor rekening dan membayar infak Rp250 ribu.

Faktanya akun tersebut merupakan akun tiruan. Haili Yoga melalui harie.id mengatakan ia dan tim pendukungnya tidak pernah membuat ataupun memiliki akun tersebut. Haili juga meminta masyarakat tidak mudah percaya apalagi ini bukan pertama kali namanya digunakan sebagai modus penipuan.

Lebih lanjut Haili Yoga dan Tim Pemenangan Haili Muuchsin (HAMAS) memiliki akun resmi dengan jumlah pertemanan ribuan. Mulyadi selaku ketua tim siber HAMAS menyarankan masyarakat jika ingin berteman dan menjadi pengikut Haili di akun media sosial silakan hubungi tim pemenangan HAMAS.

Akun Facebook yang mengatasnamakan Hailie Yoga masih ada. Ketika ditelusuri pada linimasa Facebooknya aktivitas akun masih baru dan jumlah pertemanan sedikit. Sampai artikel ini terbit akun tiruan tersebut telah hilang. Maka akun Facebook tersebut merupakan konten tiruan dan terindikasi modus penipuan.

REFERENSI:
https://harie.id/2024/09/18/akun-facebook-catut-nama-haili-yoga-modus-penipuan-berkedok-bantuan/


https://kennews.id/2024/09/18/nama-haili-yoga-dicatut-meminta-uang/