[SALAH] Sidang Pemakzulan Jokowi Telah Dilaksanakan

Hasil periksa fakta Panji

Thumbnail video diambil saat Presiden Jokowi membungkuk memberi hormat kepada sejumlah anggota DPR dan MPR RI yang telah hadir dalam Sidang Tahunan DPR MPR RI tahun 2018 lalu. Isi video juga tidak memberikan penjelasan sesuai klaim pada judul. 

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://ghostarchive.org/varchive/WxJUqSoRDCo (arsip)

===========

[NARASI]:

AKHIRNYA DIMAKZULKAN RAPAT ISTIMEWA PRESIDEN JATUHKAN RESIM DARI TAHTA

===========

[PENJELASAN]: 

Sebuah unggahan di Youtube menyebarkan sebuah klaim jika sidang untuk memakzulkan Presiden Joko Widodo telah dilakukan oleh DPR dan MPR. Klaim ini juga disertai gambar  thumbnail video yang memperlihatkan Presiden Jokowi sedang membungkuk di hadapan para anggota DPR MPR.

Akan tetapi saat disimak isi video tersebut tidak memberikan penjelasan sesuai klaim pada judul. Isi video tersebut membahas tentang artikel berjudul “Pakar: Jokowi Sudah Memenuhi Syarat Untuk Dimakzulkan”.

Artikel tersebut berisi pembahasan tentang tanggapan pakar hukum tata negara di Sekolah Tinggi Hukum (STH) Indonesia Jentera, Bivitri Susanti, yang menilai jika Jokowi sudah memenuhi syarat untuk dimakzulkan. Pernyataan ini disampaikan terkait dengan keberpihakan Jokowi kepada salah satu kandidat Capres di Pemilu 2024 kemarin. 

Selain isi pembahasan yang tidak mendukung klaim judul video, berdasarkan pencarian menggunakan Google Lens, thumbnail yang digunakan juga merupakan aset foto milik Tirto yang diambil pada saat Sidang Tahunan DPR MPR RI 2018. 

Dilansir dari deskripsi foto Tirto, Presiden Jokowi membungkuk karena memberikan hormat kepada sejumlah anggota DPR dan MPR RI yang telah hadir dalam Sidang Tahunan DPR MPR RI tahun 2018 lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://mudanews.com/opini/2024/09/07/gelar-apel-akbar-pasukan-berani-mati-pembela-jokowi-agung-wibawanto-mereka-terlambat-dan-beda

https://tirto.id/sidang-tahunan-dpr-mpr-ri-2018-cS16&sa=D&source=docs&ust=1726992858306117&usg=AOvVaw1D3yiHDGulip53OyrZQkrf