[PENIPUAN] Tommy Winata, Pemilik PT Artha Graha Berbagi 50 Juta Bagi Yang Sudah Follow Akun TikTok nya

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Video tersebut merupakan editan artificial intelligence (AI). Video serupa ditemukan pada akun YouTube “Tommy Winata” yang diunggah pada September 2015 berujudul “Konservasi Alam TOMMY WINATA.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten tiruan

Beredar sebuah video oleh akun TikTok “Tomy.winata3” yang diklaim milik Tommy Winata. Di video tersebut Tommy Winata menyebutkan bahwa ini merupakan video TikTok pertamanya. Selaim itu ia juga akan memberikan uang senilai 50 juta bagi orang yang melihat dan mengikuti akun TikTok tersebut.

Sumber: TikTok https://archive.is/QrNlZ Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap audio di video yang diunggah sumber klaim menggunakan situs elevenlabs.io, didapatkan hasil 83% audio tersebut kemungkinan dibuat oleh Elevenlabs.io

Tommy Winata adalah seorang pengusaha Indonesia keturunan Tionghoa yang merupakan pemilik Grup Artha Graha atau Artha Graha Network. Usahanya terutama bergerak dalam bidang perbankan, properti dan infrastruktur. Tomy Winata juga dikenal sebagai pendiri Artha Graha Peduli, sebuah yayasan sosial, kemanusiaan dan lingkungan.

Pada video yang ditampilakan oleh akun TikTok tersebut, merupakan hasil editing artificial intelligence (AI). Video serupa ditemukan pada akun YouTube “Tommy Winata” yang diunggah pada September 2015 berujudul “Konservasi Alam TOMMY WINATA”.

Tidak diketahui secara pasti apakah akun tersebut asli milik nya, namun di dalamnya terdapat 4 video yang diunggah pada tahun 2015 atau 9 tahun yang lalu.

Dengan demikian, video Tommy Winata menyebutkan akun TikTok pertamanya dan akan memberikan uang senilai 50 juta rupiah adalah tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konten tiruan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=t0uOUDhY7kw
https://kumparan.com/profil-tokoh/profil-tomy-winata-pengusaha-kaya-yang-dijuluki-9-naga-indonesia-23CnpTWtMSw
https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier