[SALAH] Video Ikan Naik ke Permukaan Pantai di Gorontalo, Indikasi Megathrust

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya, video yang beredar merupakan kejadian di Filipina, bukan di Indonesia. Selain itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menyebut bahwa kejadian dalam video merupakan siklus biasa dan bukan pertanda bencana besar. Selengkapnya di bagian penjelasan.

—————————————————-
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

—————————————————-
NARASI:
Kejadian tadi malam di pantai LEATO Propinsi Gorontalo….
Semoga saja bukan indikasi MEGATRUSH akan segra tiba….
Lindungi kami ya Allah
Arsip: https://archive.md/BsQuM

—————————————————-
PENJELASAN:
Artikel saduran dari Tempo.co

Akun facebook dengan nama Leonardo mengunggah sebuah video yang menampakkan cuplikan sekelompok orang mengerumuni sebuah pantai. Dalam video tersebut terlihat juga ikan-ikan di pantai naik ke dasar. Masyarakat pun berbondong-bondong menangkapnya dengan menggunakan ember. Kejadian tersebut diklaim terjadi di Pantai Leato Provinsi Gorontalo.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Tempo dengan artikel berjudul “Keliru, Video Berisi Klaim Ikan Berloncatan Tanda Tsunami dan Gempa,” yang terbit pada 10 September 2024, menunjukkan bahwa lokasi kejadian pada video bukanlah di Indonesia, melainkan di pesisir Pantai Barangay Tinoto, Kota Madya Maasim, Provinsi Sarangani, Pulai Mindanao, Filipina pada Minggu, 7 Januari 2024.

Menurut Zenaida A. Dangkalan yang merupakan pejabat perikanan Provinsi Sarangani, fenomena tersebut adalah normal yang bisa terjadi karena tiga kemungkinan, yakni terkait musim lupoy yang terjadi di Filipina, ikan yang lebih besar mengejar gerombolan ikan yang lain ke arah pantai karena mereka tidak bisa mengakses daerah dangkal, dan ikan-ikan tersebut tertarik pada cahaya dari resor pantai.

Dalam hal ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Nuraididin, menyebut bahwa fenomena tersebut merupakan siklus yang lumrah terjadi dan bukan pertanda bencana besar.

Setiap kemarau, kemunculan ikan mendekati bibir pantai atau muara karena terjadi arus dingin di bawah laut karena cuaca merupakan kejadian biasa. Ikan muncul ke permukaan untuk mendekati arus air yang lebih hangat.

Dengan demikian, klaim bahwa video yang beredar merupakan kejadian di Indonesia dan terkait dengan Megathrust, tidak benar.

—————————————————-
REFERENSI:


https://cekfakta.tempo.co/fakta/3114/keliru-video-berisi-klaim-ikan-berloncatan-tanda-tsunami-dan-gempa