[SALAH] Klaim 5 Santri Ponpes di Sukabumi Tewas Terbakar Ulah Relawan Berani Mati Jokowi

Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Bukan di Sukabumi. Faktanya, video yang beredar merupakan cuplikan video kebakaran yang terjadi di Ponpes Rubath Nurul Fajri, Bogor, pada 4 Juli 2024. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini. Selengkapnya di bagian penjelasan.
———————————————————
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
———————————————————
NARASI:
Info terupdate 5 Santri tewas terbakar ulah Relawan Berani Mati Jokoei.
Sangat BIADAB!!! SADIS!!! di bulan SEPTEMBER teror Neo-Komunis, sebuah Pesantren “Nurul Fajri” Habib Abdurrahman bin Ahmad Asseqaf di Caringin Sukabumi di bakar gerombolan orang tak dikenal melemparkan beberapa molotov pada banyak kamar santri, Umat Islam dimanapun berada harap Siaga 1 kelompok Neo PKI – Neo Komunis lagi bikin ulah dan teror.
VIRALKAN DI SELURUH MEDSOS KARENA TIDAK AKAN TAYANG DI MEDIA TELEVISI

Arsip: https://archive.md/voTar


———————————————————
PENJELASAN:
Akun Facebook dengan nama Fiihayati Binti Muchtar mengunggah sebuah video yang menampilkan sekelompok pria berada di sebuah bangunan yang hangus akibat kebakaran. Video tersebut dinarasikan sebagai kebakaran di Ponpes Rubath Nurul Fajri di Caringin Sukabumi. Dinarasikan pula dalam postingan tersebut, terdapat 5 santri tewas akibat kebakaran.

Penelusuran fakta dilakukan dengan memastikan lokasi awal video tersebut. Faktanya sebagaimana dikutip dari artikel periksa fakta Tempo.co, berjudul “Keliru, Video dengan Klaim Pondok Pesantren Nurul Fazri Caringin Sukabumi Terbakar,” lokasi Ponpes bukanlah di Caringin, Sukabumi, melainkan di Kampung Limusnunggal RT 002/ RW 005, Desa Ciherang Pondok, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Selain itu, klaim terdapat 5 santri korban kebakaran yang meninggal dunia, tidak benar. Hal tersebut tertulis pada rilis kronologi resmi dari Pesantren, yang menyatakan bahwa tidak terdapat korban jiwa.
Dengan demikian, narasi yang menyebut bahwa terdapat 5 santri yang meninggal dunia akibat insiden kebakaran di Ponpes Rubath Nurul Fajri, tidak benar.
———————————————————
REFERENSI:


https://bogor24update.id/ditinggal-salat-magrib-kamar-santri-di-ponpes-rubath-nurul-fajri-caringin-terbakar
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2987/keliru-video-dengan-klaim-pondok-pesantren-nurul-fazri-caringin-sukabumi-terbakar
https://cybernewsnasional.com/ternyata-kebakaran-di-ponpes-rubhat-nurul-fajri-caringin-bogor-diawali-insiden-lainnya-simak/