[SALAH] Donald Trump Ditampar saat Berpidato

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya seorang pria yang menampar Donald Trump tersebut merupakan hasil editan. Pada video aslinya, dapat dilihat jika Trump tidak menerima serangan fisik dari seorang pengunjuk rasa sedikitpun.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/dWWFD (arsip)

===========

[NARASI]:

Terlalu banyak Janji² Kosong Donald Trump dapat tempeleng gratis

===========

[PENJELASAN]: 

Disadur dari AFP.

Beredar sebuah video di X/Twitter berisi potongan pidato Donald Trump, tetapi di tengah pidatonya tiba-tiba ada seorang pria yang berlari sambil menampar kepala belakang Donald Trump dan membuatnya terlihat marah.

Namun dilansir dari AFP.com, video tersebut berasal dari video Youtube yang berjudul “Watch: Secret Service run to Trump as protester rushes stage”, video ini menampilkan pidato kampanye Donald Trump di tahun 2016 lalu.

Memang benar ketika pidato tersebut berlangsung ada seorang pengunjuk rasa yang hendak berlari menuju Trump, namun faktanya pengunjuk rasa tersebut tidak berhasil naik ke atas podium dan menampar Donald Trump seperti yang ada dalam video di X/Twitter tersebut.

Sehingga dapat disimpulkan jika momen ketika seorang pria yang menampar Donald Trump tersebut merupakan hasil editan. Pada video aslinya, dapat dilihat jika Trump tidak menerima serangan fisik dari seorang pengunjuk rasa sedikitpun.

===========

 [REFERENSI] :

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.36FX9WD