[SALAH] Gempar Tiba-Tiba Banjir Bak Tsunami Hanyutkan Segalanya

Hasil periksa fakta Syifa Ainun.

Klaim yang menyatakan bahwa telah terjadi banjir yang mirip tsunami di Aceh, 13 September 2024 adalah pernyataan yang tidak benar. Memang benar terjadi banjir di Aceh namun pada sumber referensi terkait tidak ada pernyataan yang menyatakan bahwa banjir tersebut seperti tsunami yang menghanyutkan segalanya.

===========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========
[SUMBER]: YOUTUBE https://arsip.cekfakta.com/archive/1726274531.914561/index.html

===========
[NARASI]:
GEMPAR TIBA-TIBA BANJIR BAK TSUNAMI HANYUTKAN SEGALANYA. HEBOHKAN WARGA INDONESIA! PrayforInfonesia

===========
[PENJELASAN]:
Telah beredar sebuah unggahan video pada channel YouTube pada tanggal 14 September 2024 memberikan klaim pada judul bahwa terjadi banjir mirip tsunami yang menghanyutkan segalanya.

Berdasarkan penelusuran, memang benar telah terjadi banjir di Aceh pada tanggal 12 September 2024. Dilansir dari serambinews.com pada artikel yang berjudul “Banjir Merendam WIlayah Hulu Aceh Tamiang, Akses ke Pemukiman Putus, Puluhan Rumah Terendam” tertulis bahwa dampak banjir ini menyebabkan akses ke tiga kampung terputus, masing-masing Kampung Simpangkiri, Kampung Selamat dan Kampung Tenggulun.

Dalam artikel tersebut tidak ditemukan fakta bahwa banjir yang terjadi mirip dengan tsunami. Sehingga terdapat ketidaksesuaian antara judul dengan narasi yang ada pada video tersebut.

===========
[REFERENSI] :
https://www.google.com/amp/s/aceh.tribunnews.com/amp/2024/09/12/banjir-merendam-wilayah-hulu-aceh-tamiang-akses-ke-pemukiman-putus-puluhan-rumah-terendam