[PENIPUAN] Hadiah bagi Nasabah Bank BNI dalam Memperingati HUT RI ke-79 dan HUT BNI ke-78

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Bank BNI tidak pernah secara resmi mengeluarkan informasi tersebut, kontak WhatsApp yang terhubung pada postingan tersebut bukan kontak resmi dari Bank BNI. Postingan semacam ini merupakan modus penipuan. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten Tiruan

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3zemF6r

= = =

Narasi:

“Hi kamu nasabah Bank BNI..?

Sudah tahu belum Fitur terbaru BNI yaitu. Wondr by BNI?

Dalam Memperingati Dirgahayu 79 & HUT BNI_78. Kini Bank BNI menghadirkan Layanan dan Fitur terbaru untuk akses Finansialmu agar lebih mudah dapetin hadiah dan Mengkuti Acara yang diselenggarakan Bank BNI Seperti acara sekarang yaitu !

UNDIAN GELEGAR REJEKI 78BNI #GAKPAKENANTI

Bersama Wondr by BNI

Dengan Aktif Transaksi Kamu Sudah Bisa Berkesempatan Mendapatkan Grand Prize  yaitu.!

 .2-Mobil Land Rover Defender 110

 .2-Mobil Tesla Model 3

 .2-Mobil Mitsubishi New Triton Double Cabin

 .2-Mobil H.I.L.U.X Doble Cabin

 .17-Mobil Hyundai Creta Active 1.5 MT

 .195-Motor Honda Beat Sporty CBS

 .17-Honda Scoopy Fashion

 .15-Handphone Iphone 12Pro-Max

 .10_Hanpone Samsung Galaxy-A55

Dan masih banyak lagi hadiah yang menarik lainnya.! Ayo tunggu apa lagi Lakukan  pen_<DAFTAR>_an sekarang.

Tingkatkan terus saldo tabungan dan perbanyak transaksi dengan layanan terbaru Wonder by BNI, BNI-Mobile, Kartu Debit, & Kartu Kredit.!

Semua ada di sini. BNI berharap wondr by BNI bisa jadi  sahabat finansial bagi Diaspora Indonesia di mana pun berada. wondr is everywhere, siap membantu kamu mewujudkan mimpi finansialmu”

= = =

Penjelasan:

Beredar postingan Facebook yang menginformasikan bahwa Bank BNI sedang mengadakan bagi-bagi hadiah dalam rangka memperingati HUT RI ke-79 dan HUT BNI ke-78. Hadiah tersebut beberapa unit mobil, motor, hingga smartphone.

Namun setelah ditelusuri tidak ditemukan sumber dari kanal komunikasi resmi Bank BNI yang dapat memvalidasi klaim tersebut. Selain itu, tautan kontak WhatsApp yang disematkan pada postingan tersebut berbeda dengan kontak WhatsApp yang ditampilkan pada laman resmi Bank BNI. Mengutip dari laman resminya, disebutkan bahwa nomor official WhatsApp Business Account BNI adalah 08115881946 untuk Live Agent dan 08118611946 untuk One way Notification.

Penelusuran gambar yang digunakan postingan tersebut dengan Google Lens ditemukan artikel berita dari AntaraNews yang menerangkan bahwa foto tersebut merupakan momen konferensi pers Paparan Kinerja Semester I-2024 Bank BNI pada Kamis, 22 Agustus 2024. Dalam artikel tersebut juga tidak disebutkan adanya bagi-bagi hadiah untuk nasabah Bank BNI.

Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya juga telah beberapa kali membantah kebenaran dari postingan penipuan yang mengatasnamakan Bank BNI dengan iming-iming hadiah yang bombastis. Masyarakat dihimbau untuk selalu berhati-hati untuk menjaga data-data privasi dan tidak mengikuti arahan yang diminta dari postingan semacam ini.

Dengan demikian, Bank BNI bagi-bagi hadiah dalam rangka HUT RI ke-79 dan HUT BNI ke-78 adalah tidak benar dengan kategori Konten Tiruan.

= = =

Referensi:

https://www.bni.co.id/id-id/beranda/kabar-bni/pengumuman/articleid/6789

https://sulteng.antaranews.com/berita/323419/bni-optimistis-aplikasi-wondr-menjadi-game-changer-industri-perbankan

= = =