[SALAH] Formulir Pendaftaran Partai Perubahan Anies

Periksa Fakta Vania.
Faktanya,  Anies belum membuat keputusan apakah akan membentuk partai politik atau organisasi masyarakat setelah kegagalannya maju di Pilkada 2024. Melalui media sosialnya, Anies menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah mengedarkan informasi  tersebut.

=====   

KATEGORI: Konten Palsu

=====   

Sumber: Tiktok
(https://ghostarchive.org/archive/LmK4d)

=====   

Narasi  
Salam Perubahan!!!
FORMULIR PENDAFTARAN PENDIRI PARTAI PERUBAHAN ( CALON ANGGOTA ) : https://forms[dot]gle/xuktvBSYGmZQcjZ26

FORMULIR CALON ANGGOTA PARTAI PERUBAHAN : https://forms[dot]gle/B5WzU25eHCRjQAyD9
( Pada Group ini, Anda Akan dmDi Arahkan Ke Group WA Masing-masing Provinsi Dimana Anda Berdomisili )

FORMULIR PENDAFTARAN PARTAI PERUBAHAN ( WILAYAH LUAR NEGERI ) : https://forms[dot]gle/C62geGkLMJzhCysJA MARI BERGABUNG !!!

=====  

Penjelasan:  
Sebuah akun tiktok bernama Agustino Surastyo mengunggah postingan mengenai pendaftaran anggota Partai Perubahan yang diusung oleh Anies Baswedan. Postingan tersebut telah dilihat sebanyak 150 ribu orang di Tiktok.

Setelah dilakukan penelusuran dengan melihat akun media sosial resmi Anies di Instagram, Anies menegaskan bahwa belum ada pendaftaran atau formulir yang diedarkan ke publik. Anies sendiri juga menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menyebarkan informasi tersebut. Anies juga menghimbau pada masyarakat agar lebih berhati – hati dan kritis mengenai  informasi yang beredar.

Tidak hanya  di  instagram, Anies juga memberikan klarifikasi pada akun twitter resmi miliknya yaitu @aniesbaswedan. Sampai saat ini, Anies Baswedan belum mengambil tindakan konkret terkait wacana pembentukan partai politik. Gagasan ini sempat mencuat setelah Anies menyatakan bahwa dia tidak jadi maju dalam Pilkada 2024.

Mengutip dari Kompas.com, Anies sebelumnya mengungkapkan kemungkinan untuk mendirikan organisasi masyarakat atau partai politik guna menyampaikan visi dan misinya tentang perubahan. Anies juga menyambut baik ide dari warganet mengenai nama “Partai Perubahan Indonesia.” Namun, hingga saat ini, Anies belum membuat keputusan apakah akan membentuk partai politik atau organisasi masyarakat setelah kegagalannya maju di Pilkada 2024.

=====    

Referensi:   
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/09/03/142000982/-hoaks-formulir-pendaftaran-partai-perubahan-yang-didirikan-anies
https://turnbackhoax.id/2024/09/02/penipuan-link-pendaftaran-partai-perubahan-yang-melibatkan-anies-baswedan-rocky-gerung-dan-beberapa-tokoh-nasional/
https://www.instagram.com/reel/C_UsK7RS9ih/?igsh=M3Z6MTgxanhtbjJ6
https://x.com/aniesbaswedan/status/1829759950836678858?s=46