[SALAH]: Pijat di kaki bisa sembuhkan sesak nafas

Hasil periksa fakta Raka.

[FAKTANYA]: Klaim bahwa pijat kaki bisa menyembuhkan sesak napas menahun adalah keliru. Penyebab sesak napas sangat beragam, mulai dari penyakit paru-paru, jantung, hingga faktor psikologis. Pengobatan sesak napas harus disesuaikan dengan penyebab utamanya. Sebelum penyebab dasar sesak napas diatasi, gejalanya tidak dapat hilang hanya dengan pijat. Pijat mungkin membantu meredakan gejala sementara pada masalah saraf, tetapi tidak menyembuhkan penyebab mendasar dari sesak napas.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/59PD-GP9D

=======

[NARASI]: Pijat Syaraf Kejepit

=======

[PENJELASAN]: Beredar sebuah klaim bahwa memijat bagian kaki dapat meredakan sesak nafas. Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Menurut dr. Eva Sri Diana, spesialis pulmonologi dan kedokteran respirasi paru, sesak napas dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gagal jantung, penyempitan saluran pernapasan seperti PPOK atau asma bronkial, TBC, pneumonia, bronkiektasis, anemia, obesitas, gastritis, gagal ginjal, dan asites. Faktor psikologis seperti kecemasan dan stres juga dapat memicu sesak napas.

Penyebab sesak napas harus diatasi dari akar masalahnya, karena gejalanya tidak dapat hilang hanya dengan pijat. Pijat mungkin memberikan efek pada sistem saraf, terutama pada masalah sisa stroke atau kelelahan, tetapi tidak mengobati penyebab utama penyakit, termasuk asma, yang tidak dapat disembuhkan dengan pijat karena merupakan kondisi genetik yang dipicu oleh berbagai faktor seperti debu, udara dingin, atau stres.

Website Siloam Hospital juga menyebutkan berbagai penyebab sesak napas, dari yang ringan hingga serius, seperti obesitas, merokok, penyakit paru-paru, dan penyakit jantung. Pengobatan sesak napas bervariasi sesuai dengan penyebabnya, meliputi pemberian oksigen, obat inhaler untuk asma, antibiotik untuk infeksi paru, atau bahkan tindakan bedah untuk kondisi seperti pneumotoraks.

Dengan demikian klaim tersebut tidak benar dengan kategori konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]: https://turnbackhoax.id/2024/08/12/salah-sesak-napas-akut-bisa-sembuh-dengan-pijat-kaki/

[SALAH] Mengobati Sesak Nafas dengan Pijat Tangan

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/sesak-napas