[PENIPUAN] Eko Patrio Bagikan Uang 70 Juta Dengan Tangkap Gambar

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Akun yang mengunggah video Eko Patrio membagikan uang 70 juta merupakan akun tiruan. Akun Tiktok asli milik Eko Patrio bernama @ekopatriosuper dengan pengikut lebih dari 921 ribu. Melalui Instagram pribadinya, Eko Patrio menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terkait penipuan di Tiktok.

====
[KATEGORI] Konten Tiruan

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1725859925.366759/index.html

====
[NARASI]
Sampai sekarang belum ada yang bisa tangkap gambar burung dengan pas, yang bisa saya TF 70 jt sekarang tanpa diundi

Ini beneran 1000% AMAN

====
[PENJELASAN]
Beredar video di Tiktok yang menyatakan bahwa komedian sekaligus politikus Indonesia Eko Patrio membagikan uang 70 juta dengan syarat dapat menangkap gambar burung. Video ini diunggah oleh akun @ekopabalzlb pada 2 September 2024 dan sudah dilihat lebih dari 5,8 juta pengguna.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata pernyataan tersebut tidaklah benar. Akun tiktok yang membagikan unggahan di atas bukanlah akun asli milik Eko Patrio. Akun Tiktok Eko Patrio yang asli bernama @ekopatriosuper dengan pengikut lebih dari 921 ribu. Selain itu, video yang digunakan dalam klaim ditemukan di Instagram resmi Eko Patrio dan tidak ada unsur pembagian hadiah atau uang. Dideskripsi Instagramnya, Eko Patrio juga sudah menghimbau masyarakat untuk berhati-hati terkait penipuan di Tiktok.

Dengan demikian, tidaklah benar informasi terkait Eko Patrio membagikan uang 70 juta dengan tangkap gambar di Tiktok.

====
[REFERENSI]
https://www.tiktok.com/@ekopatriosuper?_t=8pZNSfV9aUh&_r=1h

https://www.instagram.com/ekopatriosuper?igsh=MXV0MGkzNTMzY3J6ZA==