[SALAH] FIFA Diskualifikasi SAFF Saudi Arabia Dari Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Auto Lolos

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidaklah benar pernyataan di atas. Isi video dengan judul tidak ada kesesuaian. Narator dalam video hanya membacakan berita tentang Timnas Indonesia yang akan melawan Arab Saudi di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pernyataan ini ditemukan dilaman http://bolasport.com.

====
[KATEGORI] Konten Palsu

====
[SUMBER] Youtube
https://arsip.cekfakta.com/archive/1725857565.820361/index.html

====
[NARASI]
FIFA Diskualifikasi SAFF Saudi Arabia Dari Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Auto Lolos

====
[PENJELASAN]
Beredar video yang diunggah di Youtube menyatakan bahwa Federasi Sepak Bola Saudi Arabia (SAFF) didiskualifikasi oleh FIFA pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Video tersebut diunggah oleh akun Youtube bernama Timnas Pedia pada 2 September 2024 dan telah dilihat lebih dari 4000 tayangan.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata informasi di atas tidaklah benar. Setelah dilihat video secara keseluruhan, isi video dengan judul yang diangkat tidak sesuai. Narator dalam video hanya berbicara tentang Timnas Indonesia yang akan menghadapi Arab Saudi di ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pemeriksa fakta mencari pernyataan terkait dan menemukan di salah satu artikel http://bolasport.com.

Artikel tersebut berjudul “Head to Head Arab Saudi di Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Kontra Tim ASEAN – Timnas Indonesia Wajib Waspada” yang ditulis oleh Sasongko Dwi Saputro dan dipublikasikan pada 2 September 2024. Dalam artikel ini juga tidak ditemukan pernyataan FIFA yang mendiskualifikasi SAFF.

Sementara itu, dilihat dari akun resmi FIFA Arab Saudi baru saja melakukan pertandingan dengan Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia pada 6 September 2024.

Dengan demikian tidaklah benar informasi tentang FIFA diskualifikasi Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF).

====
[REFERENSI]
https://www.bolasport.com/amp/read/314144589/head-to-head-arab-saudi-di-ronde-ketiga-kualifikasi-piala-dunia-kontra-tim-asean-timnas-indonesia-wajib-waspada

https://www.instagram.com/p/C_j78O6zwtU/?igsh=Y3VicnBuamxuZzRl