[SALAH] Penemuan Putri Duyung Berbadan Manusia di Selayar

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut merupakan hasil manipulasi digital. Pemeriksa Fakta Mafindo sebelumnya melalui turnbackhoax.id telah melaporkan bahwa video tersebut kemungkinan besar gabungan gambar dan video yang diubah secara digital, terlihat pasir kehilangan tekstur saat lengan putri duyung tersebut bergerak.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/4dWdczl

= = =

Narasi:

“Penemuan putri duyung d Selayar #luarbiasa”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan seekor putri duyung berbadan manusia yang diklaim ditemukan di Selayar, Sulawesi Selatan.

Namun Pemeriksa Fakta Mafindo sejak April 2022 pada laman turnbackhoax.id telah membantah video serupa yang menunjukkan putri duyung tersebut. Putri duyung tersebut semula diklaim ditemukan di Kenya, namun melalui Snopes polisi setempat mengatakan bahwa tidak ada laporan atas kejadian tersebut.

Dalam laporannya disebutkan juga bahwa kemungkinan besar video tersebut telah dimanipulasi secara digital, terlihat pasir kehilangan tekstur saat lengan putri duyung tersebut bergerak. Selain itu, jari-jari dari putri duyung tersebut juga menghilang yang semakin membuktikan bahwa tubuh manusia dari putri duyung tersebut telah dimasukkan secara digital.

Dengan demikian, putri duyung berbadan manusia ditemukan di Selayar, Sulawesi Selatan adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

= = =