[SALAH] Indonesia Mengimpor Kurma dari Israel

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Indonesia tidak pernah mengimpor kurma dari Israel dan lima negara utama yang mengekspor kurma ke Indonesia adalah Mesir, Tunisia, UAE, Arab Saudi, dan Iran.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/tW93u

=====

Narasi:
“Buat teman-teman yang menjalankan Ibadah puasa Ramadan, mohon untuk tidak membeli kurma yang di impor dari Israel ,mohon untuk tetap Boikot produk-produk dagangan Israel dan American

BOIKOT KURMA ISRAEL”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @selynprintessa mengunggah video yang berisi himbauan supaya masyarakat menghindari kurma yang diproduksi Israel, karena kurma Israel ditanam di atas tanah Palestina dan terdapat praktitk pelanggaran HAM terhadap pekerjanya dalam proses produksi kurma Israel tersebut. @selynprintessa juga menambahkan bahwa masyarakat Indonesia yang sedang berpuasa untuk tidak mengonsumsi kurma yang diimpor dari Israel. Cuitan dan video tersebut diunggah pada 15 Maret 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. TV One News lewat YouTube resminya pernah mengunggah siaran berita yang membahas mengenai impor kurma dari Israel, yang juga memberikan hasil wawancara dengan BPS. Pihak BPS menyatakan bahwa Indonesia tidak ada impor kurma dari Israel.

Selain itu, melansir dari artikel CNBC Indonesia yang berjudul “Data Resmi! Ini Daftar Negara Asal Kurma Impor, Ada Israel?”, lima negara tertinggi yang mengekspor kurma ke Indonesia pada 2023 adalah Mesir, Tunisia, UAE, Arab Saudi, dan Iran.

Lebih lanjut, video yang diunggah oleh @selynprintessa, jika dilihat hingga selesai, tidak menyebutkan Indonesia menjadi salah satu negara pengimpor kurma dari Israel. Sepanjang video hanya dijelaskan mengenai himbauan boikot kurma Israel dan alasan mengapa kita harus melakukannya.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh @selynprintessa merupakan konten yang menyesatkan.

 =====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=iHwn2WSJaRQ 


https://www.cnbcindonesia.com/research/20240315104939-128-522213/data-resmi-ini-daftar-negara-asal-kurma-impor-ada-israel