[PENIPUAN] Video Jusuf Hamka Berikan Bantuan 50 Juta Di Tiktok

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar video yang memperlihatkan Jusuf Hamka memberi bantuan 50 juta tersebut. Video yang diunggah merupakan hasil editan. Selain itu, akun yang mengunggah video juga bukan akun Tiktok asli milik Jusuf Hamka. Akun Tiktok resmi Jusuf Hamka bernama @mohjusufhamka_official.

====
[KATEGORI] Konten Tiruan

====
[SUMBER] Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1724743307.804278/index.html

====
[NARASI]
Mengucap Rasa Syukur Daya Hari Ini

====
[PENJELASAN]
Beredar video di Tiktok memperlihatkan pengusaha terkenal Jusuf Hamka sedang memberi bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan senilai 50 juta rupiah per orang. Video ini diunggah pada 26 Agustus 2024 oleh akun @jusufh..hamka.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata informasi tersebut tidaklah benar. Pemeriksa fakta mencoba memeriksa suara yang digunakan dengan AI Speech Classifier Elevenlabs hasilnya adalah 84 persen buatan AI.

Sementara itu, akun yang mengunggah video tersebut bukanlah milik Jusuf Hamka. Dilansir dari http://turnbackhoax.id, akun Tiktok Jusuf Hamka yang asli bernama @mohjusufhamka_official. Klaim seperti ini sudah sering ditemukan dan dibantah oleh pemeriksa fakta kebenarannya. Masyarakat dihimbau untuk berhati-hati.

====
[REFERENSI]

https://elevenlabs.io/ai-speech-classifier