[SALAH] Video 2 Kepiting Raksasa Muncul di Pantai Kupang NTT

Hasil periksa fakta Rahmah.

Informasi salah. Faktanya kepiting raksasa tersebut adalah patung di Chipiona, Spanyol.

KATEGORI: Misleading Content

SUMBER: Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1724898511.305569/singlefile.html

NARASI: “2 kepiting raksasa muncul di pantai tedis kupang NTT#kepitingraksasa #kepiting #viralkan”

PENJELASAN:
Sebuah video diklaim sebagai kepiting raksasa di Pantai Tedis Kupang NTT beredar di media sosial, salah satunya akun Youtube mengunggahnya pada 23 Agustus 2024. Video berdurasi 15 detik memperlihatkan ada 2 kepiting raksasa yang muncul di permukaan air, salah satunya berada di pinggir pembatas.

Ketika ditelusuri video tersebut dengan mengunggah tangkapan layar dari video. Muncul hasil yang mengarah ke beberapa video dari Tiktok, Instagram, maupun YouTube. Satu di antaranya video dari Tiktok memposting gambar proses pembuatan kepiting raksasa.

“#cangrejosenellitoral #alfredozarazaga #chipiona #arte #obradearte #escultura #farochipiona #esculturaenlaplaya #mar #cangrejoschipiona” tulis akun Tiktok @ cangrejos.en.el.l.

Pengunggah menuliskan beberapa hashtag, satu di antaranya cangrejoschipiona yang artinya kepiting Chipiona. Hasil lainnya ditemukan pada Channel Youtube Album Chipiona Gasbar Bueno. Video tersebut memperlihatkan proses seorang seniman bernama Chipionera Alfredo Zarazaga membuat karya patung kepiting raksasa itu. Patung karyanya diletakkan di Corrales en el Agua di bawah Mecusuar Chipiona, Spanyol pada 2024. Karyanya dapat dilihat pada akun Instagram milik @.alfredozarazaga.

Kepiting raksasa tersebut merupakan patung ikon di Faro de Chipiona (Mercsuar Chipiona) dalam bahasa Spanyol disebut “Cangrejos Gigantes” yang dibuat dari bahan daur ulang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pelestarian lingkungan laut. Dapat disimpulkan video yang mengklaim kepiting raksasa di NTT adalah informasi keliru.

REFERENSI:
https://www.tiktok.com/@cangrejos.en.el.l/video/7400692988218936609


https://www.instagram.com/p/C_F9U7YMMoX/?igsh=MWg5YmpmNml4cHJsMg==


https://www.youtube.com/watch?app=desktop&v=9k3eF-665Uc


https://www.diariodejerez.es/que-hacer/famosos-cangrejos-gigantes-chipiona-sumergen_0_2000039699.html


https://tinyurl.com/32ym29xx