[SALAH] Massa Berhasil Menduduki Istana dan Lengserkan Presiden Jokowi

Hasil periksa fakta Panji

Isi video hanya membahas tentang aksi demo mahasiswa dan buruh pada 28 Oktober 2021 lalu, selain dari hal tersebut tidak disebutkan jika massa telah menduduki Istana dan melengserkan Presiden Jokowi.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/O1HHls0Qdj8 (arsip)

===========

[NARASI]:

JOKOWI DI LENGSERKAN PAGAR BESI APARAT JEBOL HINGGA MASSA DUDUKI ISTANA

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim jika massa telah berhasil menduduki Istana dan melengserkan Presiden Jokowi.

Video diawali dengan cuplikan orasi yang dilontarkan oleh mahasiswa beralmamater UI, tetapi saat disimak lagi isi video ini narator membacakan sebuah artikel dari CNN yang berjudul , “Massa Aksi Bergerak ke Istana, Spanduk ‘Jokowi Mundur’ Terbentang”.

Artikel ini membahas tentang demo yang dilakukan oleh gabungan mahasiswa dan buruh yang bergerak dari Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Istana Merdeka, Jakarta, pada 28 Oktober 2021 lalu.

Hingga akhir video tidak ada penjelasan yang membenarkan klaim pada judul mengenai  massa yang berhasil menerobos Istana Negara dan melengserkan Presiden Jokowi.

Selain itu, gambar thumbnail yang digunakan tersebut diambil dari foto artikel terbitan RMOL berjudul, “Tiga Mahasiswa Ditangkap Saat Demo Tolak Kenaikan BBM di Bengkulu Ricuh” yang kemudian diedit sedemikian rupa.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20211028120056-20-713544/massa-aksi-bergerak-ke-istana-spanduk-jokowi-mundur-terbentang

https://rmol.id/read/2022/09/14/547293/tiga-mahasiswa-ditangkap-saat-demo-tolak-kenaikan-bbm-di-bengkulu-ricuh-