[SALAH] Aparat Tewas saat Mengamankan Aksi Demo Mahasiswa

Hasil periksa fakta Panji

Isi video hanya membahas tentang aksi demo BEM SI pada 22 Juli 2024 lalu, dalam aksi ini tidak disebutkan tentang adanya aparat yang merenggut nyawa seperti yang disebut dalam judul video.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/THtOUIE2sNA (arsip)

===========

[NARASI]:

BERITA TERKINI ~ PERANG DARAH TERJADI HINGGA TEWASKAN APARAT – PILPRES 2024 – PEMILU 2024

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim pada judul mengenai tewasnya seorang aparat saat terjadi demo yang dilakukan mahasiswa.

Dalam isi video ini narator membacakan sebuah artikel dari Tribun Kaltim yang berjudul , “Demo Kritik Jokowi, Koordinator BEM SI Ngaku Sempat Ditendang Polisi dan Ada yang Bocor Kepala”.

Artikel ini membahas tentang demo yang dilakukan oleh para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) untuk memberikan kritik 10 tahun masa pemerintahan Presiden Jokowi. Aksi ini di Patung Arjuna Wijaya, Gambir, Jakarta pusat pada 22 Juli 2024.

Berdasarkan laporan dari Tribun, aksi ini sempat menjadi ricuh yang mengakibatkan beberapa mahasiswa mengalami luka-luka hingga dirawat di rumah sakit dan bahkan ada yang mengalami kebocoran di bagian kepala.

Sementara itu, dari pihak kepolisian ada satu anggotanya yang dilarikan ke RS Polri Kramat Jati karena terkena lemparan batu di mata sebelah kanan dalam aksi. Selebihnya tidak ada laporan apapun mengenai aparat yang merenggut nyawa saat menangani aksi demo mahasiswa seperti yang ditulis dalam judul video Youtube tersebut.

Sementara itu, gambar thumbnail yang digunakan tersebut berasal dari foto artikel Tagar.id berjudul, “Foto: Saling Serang Pendemo dengan Aparat Kepolisian” yang telah diunggah pada tahun 2019 lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://kaltim.tribunnews.com/2024/07/23/demo-kritik-jokowi-koordinator-bem-si-ngaku-sempat-ditendang-polisi-dan-ada-yang-bocor-kepala

https://www.tagar.id/foto-saling-serang-pendemo-dengan-aparat-kepolisian/?c=cls-related