[SALAH] Truk Militer Masuk ke Jakarta untuk Amankan KPU

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang menyesatkan, faktanya iring-iringan ranpur Anoa dan truk militer tersebut untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Afrika Forum di Bali, bukan untuk pengamanan KPU.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: TWITTER/X
https://archive.cob.web.id/archive/1724771646.780421/index.html

=====

[NARASI]: Situasi kondisi jakarta malam hari ini 25.08.24
Jakarta SIAGA menurut video yg di Ambil seseorang dari sebuah gedung di simpang Cawang Halim
Ada pergerakan militer masuk kota jakarta

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Twitter/X dengan nama akun “neVerAl0nely” pada tanggal 25 Agustus 2024 yang mengunggah video dengan narasi truk militer masuk ke Jakarta untuk pengamanan KPU.

Setelah melakukan penelusuran menggunakan Google Lens ditemukan gambar yang mirip pada artikel milik Detik.com dengan judul Artikel “9 Ranpur Anoa Diviralkan ‘Merapat ke Ibu Kota’, Ini Penjelasan TNI AD”.

Dikutip dari Detik.com Kolonel Wahyu meluruskan iring-iringan ranpur Anoa dan truk militer tersebut untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indonesia-Afrika Forum di Bali. Memang benar telah dilaksanakan pergeseran sembilan unit Ranpur Anoa dari Jajaran Brigif 1/PIK menuju Kolinlamil, Tanjung Priok, malam ini (25/8/2024). Pergeseran tersebut dalam rangka persiapan kegiatan pengamanan KTT Indonesia-Afrika Forum di Bali,” tegas Kolonel Wahyu dalam keterangannya, Senin (26/8/2024).

Berdasarkan penjelasan di atas klaim tentang truk militer masuk ke Jakarta untuk pengamanan KPU adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://news.detik.com/berita/d-7508866/9-ranpur-anoa-diviralkan-merapat-ke-ibu-kota-ini-penjelasan-tni-ad