[SALAH] Umat Kristiani Prancis Turun ke Jalan Memprotes Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya video tersebut menampilkan ribuan umat Katolik di Kota Lourdes, Prancis, sedang menyanyikan lagu Ave Maria dalam rangka memperingati Hari Raya Santa Perawan Maria.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/J7dcj (arsip)

===========

[NARASI]:

Banjir besar umat Kristiani di Perancis turun ke jalan untuk mengecam pelecehan moral dan agama yang melampaui batas setelah pertunjukan Perjamuan Terakhir Kristus di Olimpiade yang dilakukan oleh kaum homoseksual dan transgender.

===========

[PENJELASAN]: 

Akun X/Twitter @AdipatiLanang mengunggah video yang mengklaim jika ribuan umat Kristiani di Prancis menggelar aksi protes terhadap pertunjukan di acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang dinilai telah melecehkan peristiwa Perjamuan Malam Terakhir.

Saat dilakukan pencarian gambar menggunakan Google Lens, didapati hasil jika video tersebut mirip seperti video yang diunggah di Youtube berjudul “Hundreds of Catholics singing Ave Maria” pada tahun 2023 lalu.

Faktanya video tersebut menampilkan ribuan umat Katolik di Kota Lourdes, Prancis, sedang menyanyikan lagu Ave Maria dalam rangka memperingati Hari Raya Santa Perawan Maria. Dengan demikian maka video yang beredar ini tidak ada kaitannya dengan Olimpiade Paris yang baru terjadi di tahun 2024 ini.

Sebelum ini laim serupa juga pernah diunggah oleh akun X/Twitter lain bernama @SoftWarNews pada 29 Juli 2024 yang lalu, pembahasan tersebut juga sudah diunggah di turnbackhoax.id dalam artikel berjudul, “[SALAH] Video Demonstrasi Warga Perancis Mengecam Pelecehan Agama di Olimpiade”.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.youtube.com/watch?v=M6lu0G6qnZE