[SALAH] Video “Viral Penampakan Aneh Wajah Monster Keluar dari Dalam Bumi”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya gambar yang diklaim memperlihatkan makhluk aneh berwajah monster yang keluar dari rumput tersebut merupakan hasil manipulasi yang dibuat dengan AI.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: TikTok

https://bit.ly/3MaCCNW

Arsip video: https://bit.ly/4dNOLDY

= = =

Narasi:

“Viral Penampakan Aneh Wajah Monster Keluar dari Dalam Bumi”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Tempo.co.

Beredar sebuah video di TikTok yang diklaim terdapat makhluk aneh berwajah monster keluar dari dalam bumi, terlihat dalam video menampilkan lumpur yang meletup dan wajah monster hanya berupa gambar pada awal video.

Setelah ditelusuri oleh Tim Cek Fakta Tempo, gambar makhluk aneh berwajah monster tersebut merupakan hasil buatan AI. Hasil deteksi AI dari Hive Moderation menunjukkan bahwa gambar tersebut memiliki probabilitas 70,5% adalah buatan AI.

Lumpur yang meletup dengan latar belakang sawah video tersebut mirip dengan unggahan YouTube yang berjudul “Keunikan Bledug Kramesan (meletup) Sendangrejo Ngaringan”. Tidak ditemukan sumber valid yang membenarkan adanya makhluk aneh yang keluar dari Bledug Kramesn.

Mengutip dari Tempo.co, pada lama resmi Kementerian ESDM menjelaskan bahwa Bledug Kramesan adalah material dari mud diapir yang lolos dari dalam bumi ke permukaan melalui rekahan-rekahan maupun struktur sesar.

Dengan demikian, penampakan aneh keluar dari dalam bumi adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3068/keliru-video-yang-memperlihatkan-makhluk-asing-keluar-dari-muntahan-lumpur

= = =