[PENIPUAN] “Pegi Setiawan Ikut Bagikan Bansos Setelah Menerima Ganti Rugi Pencemaran Nama Baik 10 Miliar”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Audio dalam video tersebut telah dimanipulasi dengan buatan AI. Video asli merupakan wawancara dirinya yang terpublikasi melalui saluran YouTube KompasTV yang menanggapi keterangan palsu dari saksi bernama Aep dan Dede. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3SN5JKX

Arsip video: https://bit.ly/3X2sQDB

= = =

Narasi:

“BERITA HARI INI PEGI IKUT MEMBAGIKAN BANSOS UNTUK KORBAN JUDOL PEGI MENERIMA UANG GANTI RUGI SEBESAR 10 MILIAR RUPIAH”

“1.506 orang telah mendapatkannya Pegi Bagi-Bagi Bansos Korban Judol Akun PRO 100% Maxwin Dibayar Lunas Tanpa Basa Basi Aman Terjamin No 1”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari Kompas.

Beredar sebuah video di Facebook yang menunjukkan bahwa Pegi Setiawan menyebut akan membagikan bantuan sosial setelah dirinya mendapatkan ganti rugi salah tangkap sebesar 10 miliar.

Namun setelah ditelusuri oleh Tim Cek Fakta Kompas.com faktanya video tersebut telah dimanipulasi. Video asli menunjukkan Pegi Setiawan sedang diwawancara yang dipublikasi melalui saluran YouTube KompasTV yang menanggapi mengenai keterangan palsu dari saksi bernama Aep dan Dede.

Mengutip dari Kompas.com, penelusuran suara dilakukan dengan memeriksa pendeteksi suara melalui tools AI Voice Detector. Hasilnya menunjukkan bahwa video tersebut memiliki probabilitas sebesar 79,44% adalah buatan AI.

Dengan demikian, Pegi Setiawan akan membagikan bansos setelah mendapatkan uang ganti rugi salah tangkap adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/08/13/164600682/-hoaks-video-pegi-setiawan-bagikan-bansos-melalui-situs-judi

= = =