[PENIPUAN] Bantuan BLT Sebesar 500 Ribu 

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, tautan pada postingan tersebut tidak mengarah pada web resmi Kemensos. Gambar yang dilampirkan juga merupakan bantuan pemerintah pada tahun 2021 kepada masyarakat terdampak COVID-19.
=====    

KATEGORI: Konten Tiruan

=====    

Sumber: Facebook
https://ghostarchive.org/archive/18z8K
=====    

Narasi   
BANTUAN BLT

Assalamualaikum yang ingin menerima Bantuan gratis tanpa di pungut biaya sepeserpun silakan klik link:point_down::point_down:
https://bantuan-bansos-2024[dot]online/3
https://bantuan-bansos-2024[dot]online/3
InsyaAllah semua dapat. 
Bantu share bair semua bisa dapat rezeki   


=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Pemeriksa Fakta Kompas.
Sebuah akun facebook bernama Bagi Rezeki telah mengunggah sebuah informasi mengenai pemberian bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang dilampirkan bersama tautan. Postingan tersebut telah diunggah pada 23 Agustus 2024. 

Dilansir dari kompas.com, setelah melakukan pengecekan terhadap tautan yang dilampirkan menggunakan WhereGoes untuk mengetahui situs yang dituju. Hasilnya, tautan tersebut tidak mengarah ke situs resmi Kementerian Sosial (Kemensos).

Dilakukan juga pencarian melalui google search image, penelusuran diarahkan pada web indonesiabaik.id. Gambar yang dilampirkan juga identik dengan gambar yang ada pada artikel tersebut. Dilansir dari indonesiabaik.id, bantuan tersebut merupakan bantuan dari pemerintah saat kuartal ketiga tahun 2021 yang merupakan masyarakat terdampak COVID-19. 

Dalam gambar yang dilampirkan juga menyebutkan bahwa bantuan tersebut merupakan bantuan PKH atau Program Keluarga Harapan. Dilansir dari web resmi cekbansos.kemensos.go.id, Penyaluran PKH dilakukan dengan mentransfer uang bansos langsung ke rekening penerima atau melalui Kantor Pos. 

=====     

Referensi:    
https://www.indonesiabaik.id/infografis/bansos-uang-tunai-rp500-ribu-cek-namamu-terdaftar-atau-tidak
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/08/24/181500982/-hoaks-tautan-penyaluran-bantuan-pkh-rp-500.000
https://turnbackhoax.id/2023/11/28/salah-link-blt-el-nino-400-000/