[SALAH] Kap Mobil Di China Melembung Dikarenakan Suhu Ekstrim

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video itu menunjukkan mobil-mobil yang PPF pelapis bodinya melembung, karena diisi udara menggunakan kompresor, sebagai salah satu cara melepas PPF dari mobil.

=====    

KATEGORI: Konteks yang Salah

=====    

Sumber: Instagram
https://ghostarchive.org/archive/aS9Ym
=====    

Narasi   
Media Tiongkok melaporkan bahwa kenaikan suhu yang tajam telah menyebabkan lapisan pelindung berubah bentuk dan rusak, mengakibatkan munculnya tonjolan tidak normal pada badan mobil.
Berikan pendapat mu di kolom komentar:100: Ikuti @fypedunia jika suka dengan video kami.


=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Pemeriksa Fakta Tempo. 
Sebuah akun instagram bernama fypedunia telah memposting sebuah video mengenai panas ekstrim di China yang menyebabkan kap mobil hingga menggembung. Postingan tersebut telah diunggah pada 14 Agustus 2024. 

Dilansir dari tempo.com, Berdasarkan penelitian dan analisis akademis Theautopian.com, narasi yang ada dinyatakan salah. Teks berbahasa Mandarin yang menyertai video tersebut menunjukkan bahwa video tersebut direkam di provinsi Hubei, Tiongkok pada tanggal 5 Juli 2024

Dalam website tersebut menyimpulkan bahwa bahan yang melembung dalam video tersebut adalah vinil PPF yang dipasang di kap mobil. Paint Protection Film (PPF) alias laminating atau car bra adalah plastik tebal dan bening, yang berfungsi melapisi bodi mobil. PPF mampu melindungi mobil, terutama pada cat bodinya, misalnya dari goresan kerikil. 

Kemudian, cuaca rata-rata di Provinsi Hubei, Tiongkok pada tanggal 5 Juli 2024 adalah sekitar 30 derajat Celcius, yang bukan merupakan puncak musim panas. Pada Agustus 2024, suhu panas di China mencapai 40 derajat Celcius dan ada korban jiwa, namun tak ada peristiwa mobil melembung.

Kemungkinan besar, PPF melembung dikarenakan blower berpemanas dan kompresor udara. Perlu diketahui bahwa proses melembungkan PPF itu tak bisa hanya dengan dipanaskan di halaman. Hal tersebut juga diperkuat dengan tidak terlihatnya kendaraan lain yang mengembang, sehingga menunjukkan bahwa panas tidak berpengaruh pada bodywork mobil. 
=====     

Referensi:    
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3088/menyesatkan-kap-mesin-mobil-mobil-di-cina-melembung-karena-suhu-panas-meningkat-drastis