[SALAH] Gedung Pencakar Langit di Jakarta Ambles Diterjang Banjir pada 3 Agustus 2024

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel berjudul “Pagi Ini Ratusan Warga Kebon Pala Terendam Banjir Setinggi 75 Sentimeter”. Artikel tersebut memberitakan mengenai banjir di kawasan Kebon Pala yang terjadi pada 2 Agustus 2024.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/znEMP7XO-g0 (YouTube)

=======

[NARASI]: “Jakarta Meluap Besar!! Ngeri Detik detik Gedung Pencakar Langit Terendam Banjir Jakarta Hari Ini”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Storm7 mengunggah video dengan klaim bahwa bencana banjir telah menerjang Jakarta pada 3 Agustus 2024. Diketahui beberapa gedung pencakar langit ambles akibat bencana tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video, faktanya narator hanya membaca ulang artikel milik Tribun Jakarta berjudul “Pagi Ini Ratusan Warga Kebon Pala Terendam Banjir Setinggi 75 Sentimeter”.

Sumber: Tribun Jakarta

Artikel tersebut memberitakan mengenai banjir setinggi 75 cm yang merendam permukiman warga di kawasan Kebon Pala, Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada 2 Agustus 2024. Diketahui banjir mulai merendam permukiman sejak pukul 04.00 WIB.

Meski banjir cukup tinggi, tidak ada warga Kebon Pala yang mengungsi. Mereka diketahui hanya bertahan dan memindahkan perabot ke lantai dua rumah masing-masing agar tidak terdampak banjir.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Storm7 merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://jakarta.tribunnews.com/2024/08/02/pagi-ini-ratusan-warga-kebon-pala-terendam-banjir-setinggi-75-sentimeter#google_vignette