[SALAH] Rumah Menantu Jokowi (Bobby Nasution) Calon Gubernur Sumut Yang Diusung PKS Di Geledah Tim Gabungan


Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya bukan Bobby Nasution, melainkan Bobby pemilik PT BJP. Video tersebut sudah secara jelas menampilkan identitas pelaku yang digeledah oleh Tim Satgas Gabungan pada Rabu, (14/8/2024). Selengkapnya di bagian penjelasan.
——————————————————–
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN
———————————————————
NARASI:
Rumah menantu jokowi (bobby nasution) Calon Gubernur Sumut yg diusung PKS di geledah tim gabungan
SUMBER ARSIP: https://archive.md/so5uS


———————————————————
PENJELASAN:
Akun facebook dengan nama A’Count Oposisi mengunggah sebuah video yang menampilkan sejumlah orang mencoba masuk ke sebuah rumah mewah. Video tersebut diunggah dengan klaim penggeledahan rumah milik menantu Jokowi (Bobby Nasution) oleh tim gabungan.

Setelah dilakukan penelusuran dengan mencari sumber asli video tersebut, yakni pada akun Tiktok @Sumsel_24Detik, ditemukan fakta bahwa rumah yang digeledah oleh Tim Satgas Gabungan tersebut bukanlah milik Bobby Nasution, melainkan Bobby pemilik PT Bobby Jaya Perkasa (BJP) yang berada di dua lokasi berbeda di Muara Enim.

Penggeledahan yang dilakukan pada 14 Agustus 2024 tersebut merupakan tindak lanjut dari penyidikan dugaan keterlibatan Bobby dalam aktivitas tambang ilegal di wilayah HGU PT BSP dan IUP PT BA.
Dari penggeledahan rumah mewah milik Bobby tersebut, Tim Gabungan berhasil mengamankan sejumlah dokumen penting dan juga narkoba jenis sabu sebanyak satu paket beserta alat hisapnya.

Dengan demikian, narasi pada video yang beredar bahwa Tim Gabungan menggeledah rumah milik menantu Jokowi, Bobby Nasution, tidak benar.
———————————————————
REFERENSI:


https://vt.tiktok.com/ZS2rJqaky/
https://sumselviral.com/gempar-tim-satgas-gabungan-temukan-narkoba/