[SALAH] Video Suasana Demo siang ini di depan gedung DPR atas putusan MK Nomor 60 dan 70


Artikel hasil periksa fakta Vinanda (Relawan Mafindo)

Faktanya bukan video demo pada 22 Agustus 2024 terkait revisi UU Pilkada, melainkan aksi yang dilaksanakan oleh Badan Koordinasi Pembentukan Kabupaten Cilangkahan, Banten, pada 31 Juli 2024 di depan gedung DPR RI. Selengkapnya di bagian penjelasan.
———————————————–
KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

———————————————–
NARASI:
Demo siang ini di depan gedung DPR guna melawan DPR yang sudah membegal konstitusi dan mematikan demokrasi atas putusan MK Nomor 60 dan 70.
Arsip: https://archive.md/WD9tQ


————————————————-
PENJELASAN:
Akun facebook dengan nama Tina Tina mengunggah sebuah video yang penampakan massa aksi demonstrasi di depan gedung DPR RI sedang memanjat pagar dan menggoyang-goyangkannya. Video ini disebarkan dengan klaim aksi demonstrasi 22 Agustus 2024 terkait revisi UU Pilkada oleh DPR RI setelah sidang Putusan MK No.60/PUU-XXII/2024 dan Putusan MK No.70/PUU-XII/2024.


Penelusuran dilakukan dengan mengunggah tangkapan layar dari video yang beredar ke fitur Google Lens. Dari penelusuran tersebut ditemukan beberapa gambar yang memiliki suasana serupa dengan video, salah satunya mengarahkan kepada berita di situs Kompas.com yang berjudul “Aksi Baru Dimulai, Massa Aksi yang Tuntut Pemekaran Cilangkahan Goyang-goyang Pagar Gedung DPR RI” terbit pada 31 Juli 2024. Aksi tersebut menuntut DPR dan Presiden agar segera mengesahkan kabupaten Cilangkahan di Provinsi Banten.


Pada penelusuran ini, petunjuk dalam video yang digunakan adalah sosok pria berpakaian hoodie panjang berwarna merah yang sedang berdiri memanjat pagar beserta dua pria di sebelah kanannya yang memakai baju berwarna putih.


Kedua petunjuk itu ditemukan juga pada gambar yang ditampilkan di artikel Kompas. Selain itu, keberadaan pria yang memakai hoodie merah itu juga turut diperkuat oleh adanya berita dari Kumparan News berjudul “Demo ‘Cilangkahan Banten’ di DPR Terus Berlanjut, Massa Sempat Goyang Pagar” yang menampilkan suasana serupa.


Dengan demikian, klaim bahwa aksi dalam video terkait dengan demonstrasi pada 22 Agustus 2024 tentang revisi UU Pilkada, tidak benar.

———————————————–

REFERENSI:

https://megapolitan.kompas.com/read/2024/07/31/14284891/aksi-baru-dimulai-massa-aksi-yang-tuntut-pemekaran-cilangkahan-goyang
https://m.kumparan.com/kumparannews/demo-cilangkahan-banten-di-dpr-terus-berlanjut-massa-sempat-goyang-pagar-23EdzqEe6MS