[SALAH] KASMUJO TIDAK MENGAKUI JOKOWI SEBAGAI MAHASISWA BIMBINGANNYA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, melalui wawancara media, Kasmujo menyatakan dirinya mengenal Jokowi dan mengakui bahwa pernah menjadi dosen pembimbing skripsi Jokowi semasa kuliah.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://ghostarchive.org/archive/1H8PK

=====
[NARASI]:

“Dosen UGM pak Kasmojo yg di akui presiden @jokowi sebagi di dosen pembimbingnya, ternyatan pak Kasmojo tidak mengakui menjadi dosen pembimbing, pantas tak brani menunjukkan ijazah asli dalam sidang, ternyata bukan alumni UGM.”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah narasi beredar melalui media sosial X. Narasi dari akun @H4T14K4LN4L42, menuliskan sebuah informasi yang menyebutkan bahwa Dosen UGM bernama Bapak Kasmujo yang diakui oleh Jokowi sebagai dosen pembimbingnya, ternyata tidak mengakui Jokowi sebagai mahasiswa bimbingannya. Informasi ini didapatkan dari keterangan seorang pria paruh baya dalam video yang turut diunggah oleh akun X ini. Lalu apakah benar, Bapak Kasmujo tidak mengakui Jokowi sebagai mahasiswa bimbingannya?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai hal tersebut, ditemukan informasi yang menunjukkan bahwa klaim tersebut ternyata didasari dari kebencian pihak-pihak terhadap sosok presiden RI tersebut.

Perlu diketahui, video yang terdapat di dalam unggahan X tersebut merupakan cuplikan wawancara yang dilakukan terhadap perwakilan pihak Penggugat dalam perkara perdata PHM Ijazah Palsu Jokowi. Pria yang terdapat di dalam video diketahui bernama Mbah Sri Samin, Ketua Paguyuban Warga Jogja Istimewa, yang juga diklaim sebagai sesepuh Kesultanan Ngayogyakarta. Di dalam keterangannya kepada para pewarta, dirinya menyebutkan bahwa Kasmojo (yang diklaim Jokowi sebagai dosen pembimbing semasa kuliah), telah menandatangani surat pernyataan bahwa dirinya tidak mengenal Jokowi ataupun menjadi dosen pembimbing Jokowi semasa kuliah.

Sementara melansir dari artikel detim.com, Kasmujo, dosen di Fakultas Kehutanan UGM, diketahui benar merupakan dosen pembimbing skripsi Jokowi semasa kuliah. Hal tersebut berhasil divalidasi setelah Kasmujo diwawancari oleh media usai acara di Fakultas Kehutanan UGM pada Selasa (19/7/2017). Kasmujo juga turut menceritakan pengalaman membimbing Jokowi saat menyusun skripsi di era 80-an.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa Bapak Kasmojo tidak mengakui Jokowi sebagai mahasiswa bimbingannya, merupakan klaim yang keliru dan termasuk ke dalam kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3777040/ini-dia-kasmujo-dosen-pembimbing-skripsi-jokowi-yang-katanya-galak

https://regional.kompas.com/read/2017/12/20/06330081/dosen-pembimbing-skripsi-cerita-blak-blakan-soal-jokowi-saat-mahasiswa

=====