[SALAH] IKAN ANEH YANG DITEMUKAN DI PROBOLINGGO

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya, penangkapan ikan aneh yang terdapat di dalam video pada unggahan, bukan terjadi di Probolinggo, melainkan di Thailand.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: FALSE CONTEXT/Konteks yang Salah

=====
[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1722565801.950745/index.html

=====
[NARASI]:

“probolinggo virall..
orang mancing dijembatan dapat ikan aneh”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video melalui media sosial Facebook, dari akun bernama Dunia Parenting Indonesia. Di dalam unggahannya, terlampir sebuah video yang memperlihatkan sekumpulan orang yang berhasil menangkap sebuah ikan aneh yang tampak memiliki kaki. Disebutkan bahwa ikan tersebut ditemukan ketika seseorang memancing di sekitaran jembatan yang ada di Probolinggo. Sejak artikel ini dibuat, video ini setidaknya telah disaksikan oleh ratusan orang dan menuai beragam komentar oleh pengguna Facebook lainnya. Lalu apakah benar bahwa ikan aneh tersebut merupakan ikan yang ditemukan di sekitaran jembatan yang berada di Probolinggo?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut terhadap video yang beredar tersebut, ditemukan fakta yang menunjukkan bahwa klaim yang terdapat di dalam video tesebut merupakan klaim yang keliru. Diketahui bahwa video tersebut ternyata merupakan video lama yang pernah beredar melalui Facebook pada tahun 2016 lalu.

Melalui artikel dari news.com.au, video tersebut pertama kali disebarkan oleh laman LiveLeak pada tahun 2016. Disebutkan bahwa ikan yang tampak memiliki kaki tersebut merupakan ikan yang ditemukan oleh seorang pemancing di sebuah perairan di Thailand. Menurut keterangan yang tercantum di dalamnya, ikan tersebut dipercaya merupakan ikan Batfish, makhluk tropis dengan tubuh pipih dan mata seperti manik-manik yang menonjol.

Jadi dapat disimpulkan, video penangkapan ikan aneh yang diklaim terjadi di Probolinggo, merupakan klaim yang keliru. Unggahan ini dapat dikategorikan sebagai false context atau konteks yang salah.

=====
[REFERENSI]:

https://www.facebook.com/myscreen.official/videos/1264787933538191

https://www.news.com.au/lifestyle/real-life/wtf/a-fish-with-legs-leaves-fisherman-baffled-after-pulling-the-mysterious-creature-from-a-river/news-story/485cf662aaa78c9c2d6bb2493b91fdb5

=====

https://www.facebook.com/reel/1545881249613698