[SALAH]: Buah pala dan gula batu mampu mengatasi jantung berdebar

Hasil periksa fakta Raka

[FAKTANYA]: Menggunakan biji pala dan gula batu untuk mengobati jantung berdebar tidak didukung oleh bukti medis yang kuat. Untuk mengatasi jantung berdebar, disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang lebih terbukti secara medis, seperti menghindari kafein, mengelola stres, melakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi, dan menjalani gaya hidup sehat.

=====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan.

=====

[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1723375342.780573/index.html

=====

[NARASI]: Obat jantung yg berdebar kencang pakai ini!

=====

[PENJELASAN]: Beredar sebuah klaim di media sosial bahwa buah pala dan gula batu mampu mengatasi jantung yang berdebar.

Namun setelah dilakukan penelusuran klaim tersebut tidak benar.

Faktanya, Menggunakan biji pala dan gula batu untuk mengobati jantung berdebar (palpitasi) tidak didukung oleh bukti medis yang kuat. Meskipun biji pala memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti sifat antibakteri, antimikroba, dan antiradang, serta kemampuannya mengontrol gula darah dan mengurangi peradangan, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung penggunaannya untuk mengatasi jantung berdebar.

Bahkan, mengonsumsi biji pala dalam jumlah besar dapat menyebabkan efek samping serius seperti halusinasi dan gangguan pada jantung.

Untuk mengatasi jantung berdebar, disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang lebih terbukti secara medis, seperti menghindari kafein, mengelola stres, melakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi, dan menjalani gaya hidup sehat. Mengonsumsi cukup air, tidur yang cukup, dan menghindari stimulan seperti alkohol dan tembakau juga dapat membantu mencegah permasalahan pada jantung.

Dengan demikian klaim mengenai penggunaan buah pala dan gula batu untuk mengatasi jantung berdebar tidak benar, dengan kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]: https://www.klikdokter.com/info-sehat/jantung/cara-mengatasi-jantung-berdebar-dengan-cepat-dan-tepat

https://www.alodokter.com/biji-pala-ketahui-kandungan-nutrisi-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan