[SALAH] Tangsel dan Jakarta Hancur Berkeping Keping Pohon dan Rumah Ambrol

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha

Klaim yang mengatakan Tangsel dan Jakarta hancur berkeping-keping adalah salah. Hujan deras disertai angin kencang hanya membuat enam rumah warga di Ciputat Tangerang Selatan rusak.

===========

[KATEGORI]: Konten Dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/LZdyiCg8flI (arsip)

===========

[NARASI]: “TANGSEL & JAKARTA HANCUR BERKEPING KEPING! WARGA MENJERIT POHON DAN RUMAH AMBROL”

===========

[PENJELASAN]: Pada 5 Agustus 2024 lalu muncul sebuah unggahan video di Youtube memberikan sebuah klaim pada judul Tangsel dan Jakarta hancur berkeping keping, pohon dan rumah ambrol.

Namun, setelah disimak dan dilakukan pencarian Google ternyata narator hanya membacakan sebuah artikel yang diunggah oleh beritatangsel yang berjudul “Pohon Tumbang Menimpa Enam Rumah Warga di Ciputat Tangerang Selatan”. Dalam artikel tersebut tidak dijelaskan bahwa Tangsel dan Jakarta hancur berkeping keping.

Dilansir dari beritatangsel, enam rumah warga di wilayah Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan angin kencang. Peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras disertai angin kencang.

Satgas BPBD Tangsel, Dian Wiryawan mengatakan, rumah warga yang berada di kelurahan Sawah Baru mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon yang roboh karena angin kencang. Sementara rumah warga yang berada di Kelurahan Serua Indah atapnya dihantam angin kencang sehingga mengalami kerusakan. Tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat kejadian tersebut, namun penghuni rumah dipastikan terdampak karena bencana tersebut.

Dari temuan tersebut dapat disimpulkan jika hujan deras disertai angin kencang hanya membuat enam rumah warga rusak.

===========

 [REFERENSI] :
https://beritatangsel.com/2024/08/pohon-tumbang-menimpa-enam-rumah-warga-di-ciputat-tangerang-selatan/