[SALAH] SYL Putar Video Bukti Jika Jokowi Juga Terlibat Korupsi

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya dalam isi video Youtube tersebut tidak ada pembahasan yang mengatakan jika SYL membocorkan bukti rekaman jika Jokowi juga terlibat dalam dugaan kasus korupsi di Kementerian Pertanian.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/mhT4Oc1kKo8 (arsip)

===========

[NARASI]:

WAW!! JOKOWI TERLIBAT LANGSUNG

SYL PUTAR VIDIO JOKOWI SAAT PLEDOI

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim pada judul jika Mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), membocorkan bukti video jika Presiden Jokowi juga terlibat dalam dugaan kasus korupsi Kementerian Pertanian.

Tetapi saat disimak lebih lanjut, isi video tersebut tidak membuktikan jika benar SYL membocorkan rekaman video bahwa Jokowi juga terlibat dalam korupsi Kementerian Pertanian.

Dalam video tersebut narator hanya membacakan ulang sebuah berita terbitan Berita Satu yang berjudul “SYL Pasrah Dituntut 12 Tahun Penjara: Tetapi Saya Merasa Dizalimi”.

Artikel tersebut hanya berisi tentang pengakuan SYL jika dirinya hanya pasrah ketika dijatuhi tuntutan 12 tahun penjara. Dalam kesempatan ini, SYL juga menyampaikan perasaan dizalimi, ia berdalih tidak melakukan perbuatan korupsi sebagaimana tuntutan jaksa.

Hal ini disampaikan oleh SYL saat menyampaikan pledoi atau nota pembelaan dalam sidang lanjutan kasus dugaan korupsi Kementan di Pengadilan Tipikor PN Jakpus.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.beritasatu.com/nasional/2826817/syl-pasrah-dituntut-12-tahun-penjara-tetapi-saya-merasa-dizalimi