[SALAH] IKN Mengalami Banjir dan Longsor Menjelang Hari Upacara Kemerdekaan

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya wilayah yang baru saja mengalami banjir dan longsor adalah Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), tidak ada pemberitaan yang menyebut jika IKN baru saja dilanda banjir hingga mengalami kelongsoran.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/J3VTE7CgOlM  (arsip)

===========

[NARASI]:

BENCANA BESAR MENIMPA IKN, BANJIR HINGGA LONGSOR MEMAKAN KORBAN.

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang membagikan sebuah klaim jika IKN baru saja mengalami bencana banjir dan tanah longsor menjelang upacara Hari Kemerdekaan RI yang ke-79 ini.

Namun, saat disimak lebih lanjut narator membacakan ulang sebuah berita terbitan Tribun yang berjudul “Pak Jokowi, 2 Daerah Penyangga Nusantara Dilanda Banjir dan Longsor Jelang Upacara HUT RI di IKN”.

Faktanya, dalam artikel tersebut daerah yang baru saja mengalami bencana banjir dan longsor adalah dua daerah penyangga IKN, yakni Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) yang mana akan menjadi akses keluar-masuk IKN.

Jika di cari di Google juga tidak ditemukan berita mengenai IKN yang mengalami banjir disertai longsor menjelang tanggal 17 Agustus 2024.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.tribunnews.com/regional/2024/08/10/pak-jokowi-2-daerah-penyangga-nusantara-dilanda-banjir-dan-longsor-jelang-upacara-hut-ri-di-ikn