[SALAH] Kantor PKS Digeruduk dan Dibakar Massa

Hasil periksa fakta Panji

Faktanya aksi yang dilakukan di DPP PKS pada 11 Agustus 2024 yang lalu berjalan dengan kondusif, tidak terjadi kerusuhan yang sampai menyebabkan kerusakan di Kantor PKS seperti yang tertulis pada judul video.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://ghostarchive.org/varchive/HuKWVWp6WyY (arsip)

===========

[NARASI]:

WARGA DKI GERUDUK PKS

MERASA DIKHIANATI, AMARAH MEREKA TUMPAh

WARGA DKI GERUDUK PKS DAN

BAKAR KANTOR PKS?

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Youtube yang memberikan klaim pada judul jika Kantor Pusat PKS sedang diamuk massa hingga terbakar, pada bagian thumbnail juga memperlihatkan adanya aksi demo yang dilakukan di depan gedung DPP PKS, Jakarta Selatan.

Saat disimak lebih lanjut narator membacakan ulang sebuah berita terbitan Tempo yang berjudul “PKS Berpotensi Batal Dukung Anies di Pilkada, Kantor Pusatnya Mau Digeruduk Warga Jakarta”.

Dalam artikel tersebut membahas tentang munculnya seruan aksi dari kelompok pendukung bakal calon Gubernur Jakarta, Anies Baswedan yang mengatasnamakan Warga Jakarta, untuk datang ke Kantor DPP PKS di Jakarta pada Minggu, 11 Agustus 2024. 

Aksi seruan ini muncul karena adanya isu yang mengatakan jika ada pihak-pihak yang berusaha untuk mencoba merayu PKS agar tidak lagi mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

Meski demikian dilansir dari Detik, aksi yang dilakukan di DPP PKS ini berjalan dengan kondusif tidak rusuh hingga terjadi peristiwa pembakaran kantor PKS seperti yang disebutkan oleh unggahan Youtube tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://nasional.tempo.co/read/1902331/pks-berpotensi-batal-dukung-anies-di-pilkada-kantor-pusatnya-mau-digeruduk-warga-jakarta

https://news.detik.com/pemilu/d-7484104/sejumlah-massa-datangi-dpp-pks-minta-tetap-usung-anies-di-pilkada-jakarta