[SALAH] Ma’ruf Amin Minta Rakyat Sisihkan Hartanya Untuk Bantu Pemerintah

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Klaim di atas merupakan hoaks berulang dan sudah dikonfirmasi ketidakbenarannya. Foto yang digunakan dalam unggahan juga hasil suntingan yang diperoleh dari salah satu artikel di laman Liputan 6.

====
[KATEGORI] Konten palsu

====
[SUMBER] Facebook
https://arsip.cekfakta.com/archive/1723782354.904303/index.html

====
[NARASI]
Ma’ruf Amin : Kas negara menipis Ma’ruf Amin Minta Rakyat Sisihkan Harta Bantu Pemerintah

====
[PENJELASAN]
Sebuah unggahan di Facebook menyatakan bahwa Ma’ruf Amin meminta masyarakat untuk menyisihkan hartanya guna membantu pemerintah karena kas negara menipis. Video ini diunggah pada 13 Agustus 2024 oleh akun Facebook bernama @Ichwan Warsito dan sudah mendapat komentar lebih dari 20 ribu.

Setelah dilakukan penelusuran, ternyata unggahan tersebut tidaklah benar. Pemeriksa fakta mencoba menelusuri foto yang digunakan dalam unggahan melalui Google Lens. Hasilnya, foto tersebut mengarah pada artikel yang berisi bantahan terhadap klaim yang diunggah. Dilansir dari http://turnbackhoax.id, foto yang memperlihatkan Ma’ruf Amin dengan latar belakang bendera merah putih merupakan hasil suntingan yang ditemukan di laman Liputan 6. Artikel tersebut berjudul “Ma’ruf Amin : Kekerasan di Ponpes Mencoreng Dunia Pesantren” yang diunggah pada 31 Agustus 2022.

Dengan demikian, unggahan di atas merupakan hoaks berulang dan tidak benar adanya.

====
[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2024/05/13/salah-maruf-amin-kas-negara-menipis-maruf-amin-minta-rakyat-sisihkan-harta-bantu-pemerintah-2/