[SALAH] “TK Lokal dihajar Tenaga kerja cina”

MENYESATKAN, PELINTIRAN daur ulang yang sudah diklarifikasi sebelumnya pada 2022 lalu. FAKTA: lokasi peristiwa adalah di Thailand, TIDAK berkaitan dengan Tenaga Kerja Lokal, Tenaga Kerja Asing, dan Indonesia. Latar belakang peristiwa adalah tuduhan penggelapan oleh seorang atasan terhadap bawahannya yang bergerak di bidang penagihan pinjaman.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: X/Twitter, https://archive.ph/w6Rhq (arsip cadangan).

NARASI: “Wir… Apakah ini hoax, TK Lokal dihajar Tenaga kerja cina.”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan video dengan menambahkan klaim yang TIDAK sesuai dengan fakta yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: PELINTIRAN daur ulang yang sudah diklarifikasi sebelumnya pada 2022 lalu. Lokasi peristiwa adalah di Thailand, TIDAK berkaitan dengan Tenaga Kerja Lokal, Tenaga Kerja Asing, dan Indonesia. Latar belakang peristiwa adalah tuduhan penggelapan oleh seorang atasan terhadap bawahannya yang bergerak di bidang penagihan pinjaman.

Verifikasi Video

Salah satu artikel dengan penjelasan yang BENAR, Kapook! HILIGHT: “Dari kasus Facebook, Model Udon mengungkapkan klip brutal geng penagih pinjaman yang kali ini bukan klip debt collector menyakiti debitur Tapi itu klip saling menyakiti di antara penagih pinjaman. Ini adalah klip di mana bos secara brutal memukuli bawahannya yang adalah penagih pinjaman, menendang, menginjak, dan memukul dengan selang karet. dengan menyebutkan penyebab penggelapan Sampai ada kritik bahwa itu terlalu banyak tindakan.Tanggal” (Google Translate) [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Artikel periksa fakta yang sebelumnya, turnbackhoax.id pada 21 Sep 2022: “TIDAK berkaitan dengan PKI dan Shalat. FAKTA: peristiwa terjadi di Thailand, BUKAN di Indonesia. Selain itu, latar belakang peristiwa berkaitan dengan tuduhan penggelapan oleh seorang atasan terhadap bawahannya yang bergerak di bidang penagihan pinjaman, TIDAK berkaitan dengan Shalat.” [3]

REFERENSI

[1] https://firstdraftnews-org.translate.goog/long-form-article/understanding-information-disorder/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en-US&_x_tr_pto=nui / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] https://hilight-kapook-com.translate.goog/view/209119?_x_tr_sl=th&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=en&_x_tr_pto=sc / https://archive.ph/54Sy4 (arsip cadangan).

[3] https://turnbackhoax.id/2022/09/21/salah-perilaku-pki-baru-selesai-shalat-dihajar/https://archive.ph/n92dy (arsip cadangan).