[PENIPUAN] Akun Facebook KBRI Singapore

Hasil periksa fakta Rahmah.

KBRI Singapura dengan tegas menyatakan tidak menyelenggarakan pemberian dana tersebut. Akun media sosial resmi KBRI Singapura pasti bercentang biru.

KATEGORI: KONTEN TIRUAN

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/JEpNS

NARASI:
“Bagi TKI/TKW yang ada di Singapura Belum Menerima Bantuan Program Indonesia, KITA PEDULI BERSAMA. Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Mendapatkan Dana Bantuan Dari Program Indonesia Peduli Bersama Secara GRATIS”

PENJELASAN:
Artikel disadur dari akun Instagram KBRI Singapura.

Beredar sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapore. Akun tersebut memposting terkait bantuan dana untuk TKI di Singapura dari program Indonesia peduli bersama. Para penerima diminta berkomunikasi melalui Messenger.

Faktanya informasi tersebut tidaklah benar. KBRI Singapura memberikan klarifikasi terkait hal tersebut. Pada akun Facebook resminya “Indonesian Embassy Singapore” memposting tangkapan layar akun Facebook tiruan tersebut disertai narasi berisi imbauan.

“WASPADA HOAX DAN PENIPUAN!!
Telah beredar akun palsu mengatasnamakan KBRI Singapura dan menyebarkan berita mengenai pemberian dana bantuan. KBRI Singapura tidak menyelenggarakan pemberian dana sebagaimana diedarkan oleh akun palsu tersebut.
KBRI Singapura memiliki akun resmi di sosial media dengan logo resmi dan bercentang biru tanda bahwa akun terverifikasi.
Facebook: Indonesian Embassy Singapore Instagram: @kbrisingapura
X/Twitter: Indonesian Embassy Singapore
Jangan tertipu dengan iming-iming bantuan atau sejenisnya. Silakan konfirmasi lebih dulu jika menerima hal semacam tersebut ke KBRI Singapura melalui email resmi singapura.kbri@kemlu.go.id atau chat resmi +65 9648 0017.”

Berdasarkan penjelasan di atas akun Facebook KBRI Singapore memposting narasi batuan dana untuk TKI di Singapura adalah informasi yang keliru. Hal ini dapat dikategorikan sebagai konten tiruan.

REFERENSI:
https://www.facebook.com/story.php?story_fbid=804460191863761&id=100068993611146&mibextid=qi2Omg&rdid=FlxSDNFuMgAegqou