[SALAH] Lagu Baru Iwan Fals Berjudul ‘Si Bocil Tengil’

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar lagu baru Iwan Fals berjudul Si Bocil Tengil. Diketahui dari media sosialnya, Iwan Fals merilis lagu atau album terakhirnya pada bulan Juni dan tidak ada judul tersebut di dalam albumnya.

====
[KATEGORI] Konten Palsu

====
[SUMBER] Instagram
https://arsip.cekfakta.com/archive/1723294502.92135/index.html

====
[NARASI]
Lagu terbaru Iwan Fals…asyiiikkk lagunya…Bravo Iwan!

====
[PENJELASAN]
Sebuah akun Instagram mengunggah video yang dianggap sebagai lagu baru Iwan Fals dengan judul ‘Si Bocil Tengil’. Video tersebut juga menampilkan cuplikan-cuplikan foto serta video Gibran Rakabuming Raka yang terlihat sebagai seseorang yang diceritakan dalam lagu tersebut. Video ini diunggah oleh akun Instagram @neneng_kulsum pada 7 Agustus 2024.

Pemeriksa fakta mencoba melakukan penelusuran di akun media sosial Iwan Fals, ternyata tidak ada judul lagu seperti yang disebutkan dalam klaim di semua akunnya. Selain itu, dilansir dari laman Radar Bogor, Iwan Fals terakhir merilis lagu pada bulan Juni 2024 untuk album barunya yang berjudul Tujuh Belas. Dalam album ini lagu-lagu terbarunya berjudul Kau Atau Aku, Ego, dan Perahu Nuhku.

Sementara itu, melalui akun Instagramnya Iwan Fals memberitahukan bahwa dirinya memegang prinsip kenetralan sehubungan dengan pesta demokrasi Pemilu tahun 2024 dan tidak terikat dengan partai politik ataupun pasangan calon manapun. Dengan demikian, tidak benar Iwan Fals memiliki lagu baru berjudul Si Bocil Tengil.

====
[REFERENSI]
https://radarbogor.jawapos.com/musik/amp/2474751017/iwan-fals-rilis-album-terbaru-berjudul-tujuh-belas-hanya-tersedia-di-platform-ini

https://www.instagram.com/p/C3Cb0E5Ra-1/?igsh=MW43ZTV6YzZqZmtibQ==