[SALAH] Video “Bara Rudal Iran yang Membumihanguskan Israel”

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut diambil saat perayaan kembang api di Aljazair setelah klub bola CR Belouizdad memenangkan kejuaraan Aljazair pada 2020. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.ph/XTWBO

= = =

Narasi:

“INI BUKAN BARA SATE Gaeeesss….. TAPI BARA RUDAL IRAN YANG MEMBUMI HANGUSKAN ISRAEL :fire::fire::fire: WELLCOME TO JAHANAM !!”

= = =

Penjelasan:

Sebuah akun Twitter @21_mozza pada 5 Agustus 2024 membagikan sebuah video yang diklaim merupakan situasi di Israel yang telah dibumihanguskan oleh rudal Iran. Diketahui dari Kompas.id, pesawat nirawak berdaya jangkau jauh buatan Irak telah menghantam Israel pada 19 Juli 2024.

Faktanya video tersebut bukan berada di Israel melainkan di Aljazair. Sebelumnya Pemeriksa Fakta Mafindo telah membantah bahwa video tersebut berkaitan dengan konflik yang terjadi di Timur-Tengah akhir-akhir ini. Dalam laporannya di turnbackhoax.id disebutkan bahwa momen dalam video merupakan perayaan kembang api setelah klub bola CR Belouizdad memenangkan kejuaraan Aljazair pada 2020.

Dilansir dari AFP, rekaman tersebut tersebar di internet pertama kali pada 27 September 2023 yakni 10 bulan sebelum serangan pesawat buatan Iran tersebut menghantam Israel pada 19 Juli 2024, dan lebih dari seminggu sebelum konflik antara Hamas dan Israel dimulai pada 7 Oktober 2023.

Dengan demikian, video kondisi di Israel yang dibumihanguskan oleh Iran adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33XM7CC

https://www.kompas.id/baca/internasional/2024/07/19/drone-houthi-hantam-tel-aviv-mengapa-kali-ini-pertahanan-israel-jebol

= = =