[SALAH] Pelatih Shin Tae-yong Adalah WNA Pertama yang Mendapatkan Golden Visa Indonesia

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. WNA pertama yang mendapatkan Golden Visa di Indonesia adalah CEO OpenAI, Sam Altman, bukan Shin Tae-yong.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Facebook
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2024/08/Shin-Tae-yong-orang-pertama-yang-dapat-Golden-Visa.pdf

=====

Narasi:
“Coach Shin Tae-yong menjadi orang pertama yang mendapatkan Golden Visa

Berikut beberapa keuntungan pemegang golden visa ini:
– Urusan imigrasi lebih mudah dan cepat
– Jangka waktu tinggal lebih lama 5-10 tahun
– Hak memiliki aset di Indonesia
– Jalur fast track untuk pengajuan kewarganegaraan”.

=====

Penjelasan:
Akun Facebook yang bernama Update Sepakbola Indonesia Terbaru mengunggah foto pelatih Shin Tae-yong yang mendapatkan Golden Visa. Akun Facebook tersebut juga menyatakan bahwa Shin Tae-yong merupakan WNA pertama yang mendapatkan Golden Visa. Tulisan dan foto yang diunggah pada 26 Juli tersebut telah disukai oleh 84 orang.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Melansir dari press release Direktorat Jenderal Imigrasi, CEO OpenAI, Samuel Altman, merupakan WNA pertama yang mendapatkan Golden Visa Indonesia setelah diundang ke Indonesia pada Agustus 2023 lalu. Press release tersebut terakhir kali disunting pada 17 Januari 2024.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan oleh akun Facebook “Update Sepakbola Indonesia Terbaru” merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.imigrasi.go.id/siaran_pers/2023/09/04/dirjen-imigrasi-terbitkan-golden-visa-pertama-untuk-pendiri-chatgpt-samuel-altman?lang=en-US