[SALAH] Penemuan Pedang Raksasa Peninggalan Manusia Zaman Dulu

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya melalui pengecekan menggunakan perangkat pendeteksi gambar AI ditemukan hasil jika unggahan yang menampilkan penemuan pedang raksasa tersebut dibuat dengan AI.

===========

[KATEGORI]: Konten palsu

===========

[SUMBER]: X/Twitter https://ghostarchive.org/archive/70gea (arsip)

===========

[NARASI]:

Snjata raksasa milik org² jmn dulu yg ukurannya mnyesuaikn dg snjatanya ini🤔

Raksasa² jmn dulu hny ada di dongeng ank² aja, dlm sjarah pljran di sklh ga ada djlaskn spt itu, media akn slalu ngecap hoax jk bhas soal mnusia rksasa😌

Maunya mrk sjarah yg valid itu teori darwin😏🔨

===========

[PENJELASAN]:

Disadur dari Tempo.

Beredar sebuah unggahan video di X/Twitter yang menampilkan mengenai penemuan pedang-pedang raksasa yang terkubur di tanah, unggahan tersebut juga menambahkan klaim jika pedang tersebut merupakan peninggalan manusia zaman dulu.

Akan tetapi berdasarkan dari pencarian yang dilakukan oleh Tempo, ditemukan hasil jika gambar-gambar penemuan pedang raksasa tersebut adalah hasil manipulasi yang dibuat dengan bantuan AI.

Dilansir dari Tempo, melalui hasil pemindaian di Hive Moderation menunjukan bahwa video tersebut merupakan buatan AI dengan angka probabilitas 74.5 persen, sedangkan di perangkat pendeteksi gambar AI lainnya yakni Maybe’s AI Art Detector juga menunjukkan bahwa video tersebut merupakan buatan AI dengan angka probabilitas 95 persen.

Melalui hasil pengecekan tersebut maka dapat disimpulkan jika unggahan yang menampilkan pedang raksasa dari peninggalan orang-orang zaman dulu adalah konten palsu.

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/3048/keliru-video-dengan-klaim-penemuan-pedang-kuno-raksasa-dari-masa-lalu