[SALAH] Video Kondisi Tel Aviv Setelah Diserang Yaman yang Disembunyikan Media

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut memperlihatkan kerusakan akibat dari Badai Otis di Acapulco, Meksiko pada Oktober 2023, tidak ada kaitannya dengan serangan oleh Yaman yang menghantam Tel Aviv pada Juli 2024. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/tatSW

= = =

Narasi:

“Lihat kondisi Tel Aviv hadia dari Yaman yg disembuyikan,ole media. Kondisi Kota Tel AVIV. Kalian pikir Yaman akan hancur, karna serangan zionis? kalian salah”

= = =

Penjelasan:

Artikel disadur dari AFP.

Beredar sebuah video dari akun TikTok @mochiandkitty pada 22 Juli 2024 yang menyebut bahwa video tersebut merupakan kondisi dari hancurnya kota Tel Aviv setelah diserang oleh Yaman. Diketahui kelompok bersenjata Houthi dari Yaman menyerang Tel Aviv pada 19 Juli 2024, beberapa hari sebelum video TikTok tersebut beredar.

Namun setelah ditelusuri oleh AFP dengan membandingkan beberapa bangunan yang terlihat di Google Street View, terkonfirmasi bahwa lokasi sebenarnya dalam video tersebut berada di Acapulco, Meksiko, bukan di Tel Aviv, Israel.

Dilansir dari AFP, kerusakan yang terjadi di Acapulco tersebut disebabkan oleh Badai Otis yang terjadi pada Oktober 2023. Rekaman asli dari video tersebut diunggah oleh seorang wartawan Manuel Lopez San Martin pada 27 Oktober 2023 melalui akun Twitternya, @MLopezSanMartin.

Sehingga dapat dipastikan kondisi yang terjadi dalam video tersebut tidak berkaitan dengan memanasnya konflik peperangan di Israel akhir-akhir ini.

Dengan demikian, video kondisi Tel Aviv setelah diserang Yaman yang disembunyikan media adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://periksafakta.afp.com/doc.afp.com.366B4YR

https://www.kompas.id/baca/internasional/2024/07/19/drone-houthi-hantam-tel-aviv-mengapa-kali-ini-pertahanan-israel-jebol

= = =