[SALAH] Bersihkan Rahim dari Kista Minimal Minum Kopi 3x dalam Seminggu

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya kista yang biasanya disebabkan oleh gangguan hormonal. Kafein yang terdapat dalam kopi justru akan mengganggu aliran hormonal yang memicu pembentukan kista, sehingga kopi ada baiknya untuk dihindari bagi wanita khususnya bagi pengidap penyakit kista.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: TikTok

https://archive.ph/FJaEh

= = =

Narasi:

“awalnya telat haid 3 bulan, ternyata pas di cek kista. Bersih bersih rahim yuk beb Minimal minum kopi seminggu 3 kali.”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi dari akun TikTok @marimasrikaya pada 26 Juli 2024 yang menyebut bahwa rahim dapat dibersihkan dari kista dengan mengonsumsi kopi minimal 3 kali dalam seminggu.

Namun setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Dilansir dari CNN Indonesia, Ahli nutrisi dan hormon Alisa Vitti menyebut bahwa wanita yang mengalami kondisi kesehatan seperti PCOS atau gangguan hormon, fibroid, dan endometriosis yang biasanya menjadi pemicu pembentukan kista justru dapat memperparah kondisi kesehatan jika mengonsumsi kopi.

Selain itu pada tulisan pribadinya di floliving.com, Alisa Vitti menyebut kafein yang terkandung dalam kopi juga akan meningkatkan perkembangan penyakit payudara jinak. Sehingga meminum kopi justru sebaiknya dihindari bagi wanita khususnya bagi yang memiliki kondisi kesehatan yang telah disebutkan sebelumnya.

Dengan demikian, membersihkan rahim dari kopi dengan minimal minum kopi 3x seminggu adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210115093258-255-594043/4-alasan-wanita-sebaiknya-hindari-kopi

https://floliving.com/blog/3-reasons-why-women-cant-drink-coffee

https://www.mitrakeluarga.com/artikel/kista-ovarium-adalah

= = =