[SALAH] Tiga Hakim yang Bebaskan Tannur Ditangkap

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya tiga majelis hakim  Pengadilan Negeri (PN) Surabaya yang memutuskan bebas Gregorius Ronald Tannur, terdakwa pembunuhan pacarnya, hingga sekarang masih aktif bekerja.
=======

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1722936486.588295/index.html

=======

[NARASI]: 3 HAKIM TANUR DITANGKAP?
3 HAKIM TANNUR TERBUKTI LAKUKAN KESALAHAN FATAL INI

=======

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube PILIHAN RAKYAT  membagikan informasi yang bahwa tiga hakim yang membebaskan Tannur ditangkap. Diperkuat dengan thumbnail 3 hakim tersebut mengenakan baju tahanan warna pink dengan tangan diborgol.

Namun setelah ditelusuri tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut. Dikutip dari kompas.com, tim pemeriksa telah mengumpulkan bahan-bahan melakukan pendalaman terhadap Majelis Hakim yang dilaporkan dengan dugaan adanya pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) yang dilakukan oleh Majelis Hakim PN Surabaya tersebut.

Dan diketahui bahwa saat ini tiga hakim tersebut masih aktif bekerja di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya. Ada beberapa proses yang dilalui sebelum seorang hakim dinonaktifkan dari pekerjaanya. Salah satunya adalah dinyatakan melanggar setelah dilakukan sejumlah pemeriksaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://surabaya.kompas.com/read/2024/07/29/174139778/3-hakim-yang-bebaskan-ronald-tannur-masih-aktif-bekerja-di-pn-surabaya
https://nasional.kompas.com/read/2024/08/02/08551031/bakal-periksa-hakim-yang-bebaskan-ronald-tannur-ma-terjunkan-tim-ke-surabaya