[SALAH] Video Jokowi Ditangkap Langsung Kenakan Rompi Oren

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Faktanya pria yang mengenakan baju orange dalam video tersebut bukanlah Presiden Jokowi asli. Diketahui aksi penangkapan tersebut hanyalah aksi teatrikal.
=======
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi
=======
[SUMBER]: https://arsip.cekfakta.com/archive/1722931223.664211/index.html
=======
[NARASI]:
JOKOWI DITANGKAP LANGSUNG KENAKAN ROMPI ORANGE
=======
[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel Youtube bernama Garis Politik pada 5 Agustus 2024 dengan klaim bahwa Presiden Jokowi ditangkap dan langsung kenakan rompi orange.

Setelah dilakukan penelusuran, lelaki yang mengenakan baju oren tersebut bukanlah Jokowi asli. Lelaki tersebut hanya memiliki postur tubuh yang mirip dengan Presiden Jokowi. Berdasarkan hasil penelusuran unggahan video di atas identik video yang diunggah oleh channel Youtube ATOSASTRO Channel berjudul “Berani bener Emak-emak ini l Aksi emak-emak siapkan BAJU ORANGE JOKOWI”. Ternyata itu merupakan aksi teatrikal yang dilakukan oleh perkumpulan ibu-ibu yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) dengan mengarak “Jokowi” berbaju oren dari Bundaran HI ke Simpang Sarinah.

Dengan demikian klaim bahwa Presiden Jokowi ditangkap dan langsung mengenakan baju orange adalah konten yang dimanipulasi.

=======
[REFERENSI]:
https://www.youtube.com/watch?v=n7wyGg8EOH0