[SALAH] Dukungan Masyarakat terhadap Pembangunan Rempang Eco-City

Periksa Fakta Lilik

Informasi terkait masyarakat mendukung Rempang Eco-City tidaklah benar. Video aslinya menyatakan dukungan pada perjuangan masyarakat Rempang, namun audio dalam video telah diedit sehingga mengubah makna aslinya.

=====   

KATEGORI: Konten yang menyesatkan

=====   

Sumber: Tiktok
https://arsip.cekfakta.com/archive/1722986635.572024/index.html

=====   

[NARASI]

Dukungan masyarakat terus berdatangan terhadap keberlanjutan pembangunan Rempang Eco-City, juga mengharapkan untuk tidak terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu.

=====  

[PENJELASAN]

Artikel disadur dari tempo.co
Akun Tiktok @anak12melayu mengunggah sebuah video sekelompok masyarakat yang menyuarakan dukungan pada pembangunan Rempang Eco-City dan mengharapkan masyarakat tidak terprovokasi oleh oknum-oknum tertentu. Di dalam video, mereka memegang bendera sejumlah organisasi masyarakat sipil, di antaranya adalah bendera LSM lingkungan, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi).

Dilansir dari tempo.co, pihaknya telah melakukan pemeriksaan dengan menghubungi Walhi Riau dan Aceh. Manajer pengembangan program dan kajian Walhi Riau, Umi Ma’rufah pun mengonfirmasikan bahwa video tersebut adalah hoax.

Video yang digunakan merupakan video deklarasi pembentukan Green Student Movement Chapter Aceh yang diunggah oleh Instagram resmi Walhi Aceh pada 15 Oktober 2023 yang berisi pernyataan dukungan pada perjuangan masyarakat Rempang. Video tersebut kemudian diedit dengan menambahkan teks dukungan pada Rempang Eco-City.

Dengan demikian, video klaim dukungan masyarakat pada Rempang Eco-City adalah hasil manipulasi dan tidak benar.

=====    

Referensi:   
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3047/keliru-klaim-video-masyarakat-dukung-rempang-eco-city