[SALAH] Judul Artikel Sindonews.com “Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah

Tangkapan layar pada video merupakan hasil editan. Faktanya, tangkapan layar artikel tersebut sudah diedit di bagian judul artikel. Artikel asli milik sindonews.com berjudul “Bos CIA akan Bertemu Pejabat Israel, Qatar, dan Mesir di Roma Bahas Gencatan Senjata Gaza”.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: konten yang dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Tik Tok

https://archive.cob.web.id/archive/1722669688.804219/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

“Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Tik Tok mr.gunansyah memposting sebuah video berdurasi 24 detik yang menampilkan sebuah tangkapan layar artikel milik sindonews.com. Judul artikel tersebut adalah “Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia”. Postingan tersebut juga disertai caption yaitu “Indonesia di mata boss cia”.

Setelah ditelusuri pada website sindonews.com melalui indeks dan menggunakan tanggal yang ada pada tangkapan layar yaitu Sabtu 27 juli 2024 pukul 08.45 WIB ditemukan artikel asli yang berjudul “Bos CIA akan Bertemu Pejabat Israel, Qatar, dan Mesir di Roma Bahas Gencatan Senjata Gaza”. Jika dibandingkan antara postingan Tik Tok dan artikel asli terdapat kesamaan pada nama Syarifudin, tanggal pengunggahan dan gambar pada artikel. Perbedaan terdapat pada judul artikel.

Dengan demikian postingan Tik Tok tangkapan layar artikel dengan judul “Bos CIA William Burns sebut: Indonesia sudah rusak di mata dunia” merupakan hasil editan. Tangkapan layar artikel tersebut sudah diedit di bagian judul artikel. Artikel asli milik sindonews.com berjudul “Bos CIA akan Bertemu Pejabat Israel, Qatar, dan Mesir di Roma Bahas Gencatan Senjata Gaza”, sehingga tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:

https://international.sindonews.com/read/1423745/41/bos-cia-akan-bertemu-pejabat-israel-qatar-dan-mesir-di-roma-bahas-gencatan-senjata-gaza-1722042425
https://turnbackhoax.id/2024/08/06/salah-gambar-artikel-berjudul-bos-cia-william-burns-sebut-indonesia-sudah-rusak-di-mata-dunia/