[SALAH] Pembangunan Patung Naga Raksasa di IKN

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Juru Bicara Kementerian PUPR dan Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, menyatakan tidak pernah mendengar adanya pembangunan patung naga di IKN.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
==========
Kategori: Konten palsu

Beredar sebuah postingan oleh akun Facebook @sutirna.lianto yang mengatakan adanya pembangunan patung naga raksasa di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Patung tersebut terlihat berada di tengah kota dan dikelilingi sejumlah transportasi dan sejumlah orang yang berada di lokasi tersebut.

NARASI:
sebuah patung naga raksasa di ibu kota kalimantan timur sebagai bentuk penghormatan untukĀ  yang telah berjasa untuk pembangunan tanah air.

Sumber: Facebook https://archive.is/LXuSC Arsip
==========

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, pembangunan patung naga raksasa di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur adalah tidak benar.

Dilansir dari tempo.co, Juru Bicara Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawijaya dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga, menyatakan tidak pernah mendengar adanya pembangunan patung naga di IKN.

Selain itu, Tempo juga melakukan uji gambar ilustrasi yang disertakan pada postingan menggunakan layanan pendeteksi AI yang hasilnya menyatakan sangat mungkin gambar tersebut dihasilkan dari generate AI.

Dengan demikian, informasi adanya patung naga raksasa tersebut masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://cekfakta.tempo.co/fakta/3038/keliru-narasi-yang-mengatakan-adanya-pembangunan-patung-naga-raksasa-di-ikn